Dapat Bantuan Mesin dari Pertamina, Desa Pegundun Gresik Wujudkan Mimpi Ubah Sampah Jadi Emas

GresikSatu | Desa Pegundan Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik mendapat bantuan Mesin Pencacah Plastik Type 20 dengan spesifikasi pisau putar 3 dan pisau lawan 2 dari PT PHE WMO Pertamina.

Alat ini mampu menghancurkan plastik menjadi serpihan kecil yang cocok digunakan untuk industri pengelolaan sampah plastik bekas. 

Kepala Desa Pegundan Moh Wafi’i menuturkan mesin pencacah tersebut menjadi mimpi Desa Pegundan agar terbebas dari limbah sampah.

“Kami bermimpi dapat menyulap sampah menjadi emas. Saya ucapkan terimakasih sudah membantu desa ini mewujudkan impiannya,” tuturnya, Senin (10/4/2023).

Kesadaran memilah sampah di Desa Pegundan sudah dipupuk dari rumah, bukan hanya ibu -ibu saja tetapi anak sekolah juga menyemarakkan.

Baca juga:  DLH Gresik Ajar Warga Ciptakan Zero Waste Cities

Manajer operation PT Pertamina PHE WMO Markus Pramudito memberikan apresiasi besar kepada antusiasme masyarakat menangani persoalan lingkungan sebagai hal krusial.

“Semoga alat ini bermanfaat dan program kelestarian lingkungan dapat diimitasi oleh desa lainnya,” tuturnya.

Sementara itu, perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gresik Umaya mengapresiasi dengan langkah positif dalam mengurangu limbah sampah. Pihaknya akan terus melakukan pendampingan agar program ini berjalan dengan maksimal.

“Kami merasa wawasan masyarakat semakin luas dan cerdas, semoga bantuan ini dapat berguna sehingga pengelolaan sampah lebih maksimal,” jelasnya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Kepala Desa Pegundan, Manajer operation PT PHE WMO Pertamina PHE WMO, USAID Madani, FHI360, Pattiro Gresik, DLH Gresik, Simpul Belajar GIRI dan Tim pendukung pengelolaan sampah Desa Pegundan. (ovi/aam)

Baca juga:  Banyak Armada yang Rusak, DLH Gresik Lakukan Peremajaan Kontainer
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler