Durasi Ideal Treatment Jalan Kaki untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

GresikSatu | Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, salah satu cara untuk menurunkan kolesterol tinggi adalah dengan melakukan aktivitas fisik seperti jalan kaki.

Namun, seberapa lama kita perlu melakukan jalan kaki untuk menurunkan kolesterol tinggi?

Pentingnya Aktivitas Fisik dalam Menurunkan Kolesterol

Sebelum membahas durasi jalan kaki yang dibutuhkan, penting untuk memahami pentingnya aktivitas fisik dalam menurunkan kolesterol.

Aktivitas fisik seperti jalan kaki dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Selain itu, aktivitas fisik juga dapat meningkatkan fungsi jantung dan pembuluh darah, serta membantu mengontrol berat badan.

Durasi Ideal Jalan Kaki

Durasi ideal jalan kaki untuk menurunkan kolesterol tinggi bervariasi tergantung pada kondisi individu, intensitas jalan kaki, dan faktor-faktor lainnya.

Baca juga:  5 Resep Jamu Sederhana dari Bahan-bahan Dapur Untuk Mengatasi Asam Urat dan Kolesterol

Namun, berdasarkan panduan umum, disarankan untuk melakukan aktivitas fisik aerobik, termasuk jalan kaki, setidaknya 150 menit per minggu.

Ini dapat dibagi menjadi 30 menit setiap hari, lima hari dalam seminggu.

Intensitas dan Kecepatan Jalan Kaki

Selain durasi, intensitas dan kecepatan jalan kaki juga mempengaruhi efektivitas dalam menurunkan kolesterol.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan maksimal, disarankan untuk melakukan jalan kaki dengan intensitas sedang hingga keras.

Ini berarti Anda harus bisa berbicara tetapi tidak bisa bernyanyi saat berjalan. Selain itu, pastikan untuk memilih rute yang bervariasi, termasuk tanjakan dan turunan, untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh.

Perencanaan Program Latihan

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dalam menurunkan kolesterol, penting untuk merencanakan program latihan yang sesuai dengan kondisi fisik dan kebutuhan individu.

Baca juga:  Buah-buahan yang Bisa di Konsusmsi Tiap Hari, Untuk Turunkan Kolesterol dan Asam Urat

Mulailah dengan tujuan yang realistis dan tingkat intensitas yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Secara bertahap, tingkatkan durasi dan intensitas latihan Anda seiring waktu.

Jalan kaki adalah salah satu cara yang efektif untuk menurunkan kolesterol tinggi dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Dengan melakukan jalan kaki secara teratur, dengan durasi, intensitas, dan kecepatan yang sesuai, Anda dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Namun, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum memulai program latihan baru, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.

Reporter:
Hilda Azhura
Editor:
Ashadi Ihsan
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler