Hanya Bermodal Tiga Bumbu Dapur Ini, Bisa Kurangi Kolesterol Sampai Asam Urat

GresikSatu | Kesehatan adalah hal yang sangat penting bagi kita semua, salah satu faktor kesehatan yang perlu diperhatikan adalah kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh.

Untuk menjaga kedua hal ini tetap dalam kondisi normal, kita dapat memanfaatkan beberapa bahan alami yang biasanya mudah kita jumpai di dapur.

Sereh dan jahe dengan tambahan gula merah adalah minuman hangat yang tidak hanya berkhasiat menghangatkan, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Sereh dan jahe telah terbukti memiliki sifat antiinflamasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Rebusan jahe dan serai mengandung senyawa aktif yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah. Gula merah mengandung nutrisi penting yang mendukung kesehatan pencernaan dengan mendorong pertumbuhan bakteri baik di dalam usus.

Berikut beberapa manfaat lengkap dari Sereh, Jahe dan Gula Merah untuk kesehatan:

  • Mengatasi Mual

Jahe telah lama dikenal sebagai obat alami untuk mual. Jadi, saat Anda merasa mual atau ingin muntah, cobalah minum air rebusan jahe dan sereh.

  • Menyehatkan Pencernaan

Air rebusan sereh dapat membantu meredakan sakit perut, kram, dan masalah pencernaan lainnya. Penelitian juga menunjukkan bahwa sereh baik untuk mengatasi tukak lambung dan melindungi lapisan lambung dari kerusakan.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Minum air rebusan sereh secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik. Namun, bagi mereka dengan riwayat penyakit jantung, sebaiknya konsumsi dengan bijaksana.

  • Mencegah Penyakit Berbahaya

Baik jahe maupun sereh kaya akan antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit serius seperti penyakit jantung, kanker, Alzheimer, dan Parkinson.

  • Meredakan Peradangan

Minuman ini juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan akibat infeksi bakteri, pola makan tidak sehat, atau alergi.

  • Menyeimbangkan Kadar Gula Darah

Jahe dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah dan mengurangi risiko komplikasi diabetes.

  • Menjaga Kadar Kolesterol

Konsumsi jahe dan sereh dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida yang berasal dari makanan tidak sehat.

  • Mengurangi Perasaan Cemas

Khasiatnya tidak hanya bagi fisik, tetapi juga dapat memberikan efek menenangkan bagi mereka yang mengalami gangguan kecemasan.

  • Mencegah Infeksi

Sereh dapat melindungi tubuh dari infeksi dan sering digunakan untuk mengurangi risiko infeksi jamur mulut pada orang dengan gangguan imun.

  • Menurunkan Berat Badan

Jahe dan sereh dapat membantu menurunkan berat badan, terutama jika disertai dengan pola makan sehat dan olahraga teratur.

  • Meredakan Gejala PMS

Minuman ini juga dapat membantu meredakan gejala PMS seperti kembung, kram, dan hot flashes.

  • Menyehatkan Gigi dan Mulut

Mengunyah batang sereh dapat membantu menjaga kesehatan rongga mulut dengan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang.

  • Meredakan Kembung

Sereh memiliki sifat diuretik yang berguna untuk meredakan kembung dengan membantu mengeluarkan cairan berlebih dari tubuh.

  • Meredakan Nyeri

Sereh dapat digunakan sebagai obat pereda nyeri alami pada tubuh.

  • Menjadi Diuretik Alami

Minuman ini juga berperan sebagai diuretik alami yang membantu tubuh mengeluarkan kelebihan cairan melalui urine.

Tambahkan sedikit gula merah untuk memberikan rasa pada minuman hangat Sereh dan Jahe.

Baca juga:  Mudah Membuatnya, Resep Ongol-Ongol Gula Merah yang Lezat dan Tradisional

Gula merah memiliki indeks glikemik lebih rendah daripada gula putih, meskipun tetap perlu dikonsumsi dengan bijaksana terutama bagi penderita diabetes.

Efek Samping Mengkonsumsi Sereh, Jahe dan Gula Merah

Meskipun bahan-bahan alami ini memiliki banyak manfaat, konsumsi berlebihan dapat menimbulkan efek samping seperti nyeri ulu hati, GAS, dan lainnya.

Selalu konsumsi dengan bijaksana dan konsultasikan dengan dokter terutama bagi ibu hamil dan penderita penyakit kronis.

Dengan memanfaatkan sereh dan jahe, kita dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara alami.

Tetaplah mengatur pola makan sehat dan gaya hidup yang seimbang untuk mendapatkan manfaat optimal dari ramuan alami ini.

Reporter:
Hilda Azhura
Editor:
Ashadi Ihsan
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler