Haul Masyayikh Ponpes Mambaus Sholihin Suci Gresik, Jamaah yang Hadir Diperkirakan 7 Ribu Orang

GresikSatu | Haul Masyayikh Ponpes Mambaus Sholihin, Suci, Manyar, Gresik yang dilaksakanakan setiap malam 21 Ramadan, tak pernah sepi dari jamaah. Jumlah jamaah yang hadir pun diperkirakan mencapai 7 ribu orang lebih.

Haul Masyayikh Ponpes Mambaus Sholihin, ini selalu dinanti para alumni hingga para jamaah umum, karena bertepatan dengan malam ganjil Lailatul Qodar bulan ramadan. Tidak hanya itu, haul Masyayikh Ponpes Mambaus Sholihin juga merupakan ajang mencari keberkahan dan hidmat kepada KH Masbuhin Faqih.

Dalam Majelis Haul yang berketetapan dengan malam 20 Ramadan atau tanggal 11 April 2023 ini, akan menghadirkan sejumlah tokoh ulama. Acara Haul bertempat di Gedung Darun Danwa Rusaifah, Pondok Pesantren Mambaus Sholihin.

Acara diawali dengan Khotmil Al-Qur’an, berlanjut pada sore berziarah ke Maqbaroh Al Maghfurlah KH Abdullah Faqih dan para pendiri dan keluarga Pondok, dan malamnya Dzikrul Haul.

Baca juga:  Mewakili Jatim, Santri Mambaus Sholihin Gresik Raih Sejumlah Juara di Ajang MQK Nasional 2023

Ketua Panitia Sirojuddin mengatakan, pelaksanaan haul tahun ini ada sedikit perbedaan dari tahun sebelumnya. Utamanya berkaitan dengan penataan parkjir mobil untuk jamaah umum.

“Kalau tahun kemarin parkir mobil masih bisa di dalam pondok putra. Tahun ini, parkir dalam pondok hanya diprioritaskan untuk kendaraan sepeda motor, dan kendaraan mobil khusus tamu VIP dan VVIP,” ungkap Sirojuddin, Minggu (9/4/2023).

Sebagai pengganti tempat parkir untuk jamaah umum ataupun alumni, lokasi parkir mobil tersebar di beberapa titik. Mulai dari halaman gedung NU Ranting Suci, halaman kantor PDAM Suci, halaman gedung SDN Suci, sampai ke halaman gudang sebelah selatannya pondok selatan atau pondok Putri.

“Kami imbau para jamaah berpakaian rapi atau berbaju muslim dan berpeci, tidak menggunakan kendaraan berknalpot brong, parkir di tempat yang telah disediakan dan tidak melebihi batas waktu yang ditentukan sampai pukul 02.00 WIB,” ujar Sirojuddin.

Baca juga:  Pompa Semangat Santri, KH Masbuhin Faqih Janjikan Umroh Gratis kepada Juara MQK Nasional Mendatang

Para jamaah tambah dia, juga tidak diperkenankan merokok, dan membuat gaduh di lokasi majelis Haul, dan menjaga kebersihan, ketertiban, dan keindahan pondok tercinta.

“Dengan mengikuti himbauan di atas, semoga barokah, madad, dan asrar dari shahibul haul, juga dari guru-guru dan pondok tercinta mengalir deras kepada kita semua, Amin,” tuturnya.

Dalam haul nanti, yang hadir diprioritaskan alumni Ponpes Mambaus Sholihin. Kendati demikian, pihak panitia juga sudah antisipasi kehadiran dari para jama’ah yang non alumni.

Sekedar informasi, majelia Haul Masyayikh Malem Selikur ini memperingati Haul Al Marhum wa Al Maghfurlah Abuya Sayyid Muhammad bin Alawi Al Maliki ke – 19, dan Al Marhum wa Al Maghfurlah KH Abdullah Faqih bin Toyyib ke – 26. (faiz/aam)

Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler