Inilah Profil Alam Amrullah, PAW KPU Gresik Pengganti Elvita Yuliati

GresikSatu | Nama Alam Amrulllah baru-baru ini ramai diperbincangkan, setelah mundurnya Mantan Komisioner KPU Gresik Elvita Yulati, dari kursi jabatan karena menjadi Bacaleg dari PDIP.

Alam Amrullah digadang-gadang menggantikan Elvita Yulaiti yang sebelumnya menjabat sebagai Komisioner KPU Gresik bidang Teknis dan Data. Kendati demikian, hingga kini belum ada informasi secara terang, kapan Alam mulai dilantik.

Berikut profil Alam Amrullah Komisioner KPU Gresik PAW pengganti Elvita Yulati

Lahir di Kabupaten Gresik pada 42 tahun lalu, Alam Amrullah ternyata sudah lama berkecimpung di dunia penyelenggara pemilu. Karirnya dimulai dari bawah, menjadi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada tahun 2009.

Kemudian terlibat lagi dalam penyelenggara pemilu pada tahun 2014, menjadi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Hampir momen pemilu ia tak pernah absen menjadi penyelenggara. Bahkan saat ini, pada pemilu 2024, Alam menjabat sebagai Ketua PPK Kecamatan Dukun Gresik.

Baca juga:  Buruan Daftar! Besok Hari Terakhir Pendaftaran Calon Anggota KPU Gresik

12 Tahun mengenyam pendidikan di YKUI Maskumambang Dukun, membuat Alam banyak digembleng materi keagamaan. Ia pun akhirnya melanjutkan studinya di Universitas Islam Negeri (UIN) Jogja, di Fakultas Syariah tahun 2000.

Pria yang setiap hari mengajar di SMK Al Ikhlash Mulyorejo Dalegan Panceng ini menuturkan, menjadi penyelenggara pemilu merupakan kebanggan tersendiri. Dengan mengikuti proses penyelengaraan, secara tidak langsung turut menorehkan sejarah pemilu di Indonesia.

“Bagi saya pemilu adalah proses demokrasi, ketika terlibat dan aktif di sini (penyelenggara) ikut mengukir dan menjadi saksi sejarah tegaknya proses demokrasi,” katanya, saat dihubungi Gresiksatu.com, pada Jum’at (12/5/2023).

Ditanya terkait akan mengisi jabatan di Komisioner KPU Gresik, pria kelahiran 2 November 1981 itu mengaku tak menyangka. Apalagi saat mengikuti proses seleksi KPU Gresik pada tahun 2018 lalu, ia tak masuk dalam 5 besar. Nomor urutnya hanya bertahan di 6 besar saja.

Baca juga:  Sebanyak 8.561 Pemilih Pemula di Gresik Belum Rekam E-KTP

“Tidak menyangka, apalagi komisionerya kan masih muda-muda, tidak mungkin saya yang gantikan. Ternyata dalam perjelanan waktu, Mbak Vetty mundur karena Nyaleg di PDIP,” tuturnya.

Hingga kini, Alam pun masih memunggu proses pelantikan PAW. Ia hanya me dapagkan informasi, jika saat ini, pengangkatan dirinya menjadi PAW KPU Gresik telah digodok di KPU Pusat. Saat ini yang bisa dilakukan hanya menunggu informasi.

“Tidak tahu kapan dilantik. Ditunggu aja, karena infonya sudah di proses di KPU Pusat,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Gresik Akhmad Roni menuturkan dalam kekosongan anggota KPU, pihaknya juga telah menyiapkan proses Pergantian Antar Waktu (PAW). Kendati demikian, Roni belum bisa menjelaskan secara terang siapa pengganti Elvita Yulianti di bidang teknis.

“Untuk sementara waktu pekerjaan yang sebelumnya menjadi tanggung jawab Vetty kami yang kerjakan. Sampai ada PAW yang menggantikan,” tuturnya. (aam)

Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler