Minggu, Januari 29, 2023

Kampus INKAFA Resmi Berubah Menjadi UNKAFA Gresik

GresikSatu | Kabar menggembirakan datang bagi Yayasan Mambaus Sholihin Gresik. Pasalnya Institut Keislaman Abdullah Faqih (INKAFA) resmi beralih bentuk menjadi Universitas Kiai Abdullah Faqih (UNKAFA) Gresik.

Permohonan perubahan bentuk menjadi Universitas diajukan mulai tanggal 22 Januari 2022 hingga menuai titik terang pada 8 November 2022. Proses visitasi asesmen lapangan alih status dilakukan oleh pihak DIKTIS demi meningkatkan kualitas kampus di Gresik.

Pembantu Rektor Bidang Akademik UNKAFA Gresik Makinuddin menuturkan, latar belakang peralihan bentuk dan prodi yang akan ditambahkan demi menunjang reputasi unggul perguruan tinggi di UNKAFA Gresik.

“Pengajuan perubahan bentuk menjadi universitas dilatarbelakangi oleh semangat dan dorongan dari pengasuh pondok pesantren Mambaus Sholihin untuk semakin meningkatkan jenjang dan kualitas dari INKAFA,” katanya, Selasa (3/1/2023).

Menurut Makinudin, perjalan dari institut menuju universitas sangat tidak mudah. Tim perubahan bentuk sampai harus berulang kali melakukan perubahan dan penambahan data yang dibutuhkan sebagai syarat yang diatur dalam regulasi.

Baca juga:  Ribuan Santri dan Alumni Mambaus Sholihin Padati Malam 21 Ramadan

Dengan diubahnya menjadi universitas, UNKAFA secara resmi telah memiliki 8 prodi dan dua prodi baru. Dua program studi yang tengah diproses untuk diajukan pendiriannya, yakni; Program Studi S1 Manajemen Pendidikan Islam, dan Program Studi S1 Ekonomi Syari’ah.

“Ke depan akan direncanakan pembukaan beberapa prodi baru lainnya. Termasuk prodi keperawatan yang nantinya diupayakan dapat terrintegrasi dengan Rumah Sakit Bayt Al-Musa’adah Mambaus Sholihin,” jelasnya.

Harapan kedepan, lanjut Makinudin setelah proses peralihan status jenjang Strata 1 yang semakin kapabel ini, bisa melahirkan lulusan tahan banting. Juga semakin meningkatkan kemampuan seluruh civitas akademika untuk meningkatkan kerja tridharma perguruan tinggi.

“Tentu dengan tetap berpedoman pada asas-asas pesantren Mambaus Sholihin,” tambahnya.

Sebagai ungkapan syukur, UNKAFA akan menyelenggarakan tasyakkuran sekaligus soft launching yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Akan ada banyak sajian kejutan dalam rangkaian acara tersebut.

Baca juga:  Inilah 5 Pondok Pesantren Tersohor di Kabupaten Gresik

“Terkait launching, belum bisa diberikan tanggal pastinya. Hanya saja, kita pastikan akan menyuguhkan rangkaian acara yang lain yang khas pesantren. Satu sebagai ungkapan syukur, kedua sebagai perkenalan kepada masyarakat umum. Dan mohon doanya agar UNKAFA semakin maju, berkah dan mendunia,” katanya.

Sekedar diketahui, UNKAFA Gresik kini telah memiliki 4 Fakultas dengan 8 Prodi Strata Satu (S1). Antara lain, Fakultas Tarbiyah: Prodi S1 Pendidikan Agama Islam (PAI), Prodi S1 Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris (PBI).

Sedangkan, Fakultas Syari’ah, yakni Prodi S1 Hukum Keluarga Islam (HKI) dan Prodi S1 Hukum Ekonomi Syari’ah (HES).

Selanjutnya UNKAFA Gresik juga memiliki, Fakultas Dakwah Prodi S1 Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), dan Fakultas Ushuluddin Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (IAT). Terbaru Program S2 Magister Pendidikan Agama Islam (PAI). (ovi/aam)