Rabu, Februari 8, 2023

Kios Mulai Dibongkar, Pedagang Manyar Gresik Pasrah Tanpa Perlawanan

GresikSatu | Para pemilik kios di Desa Manyarejo, Kecamatan Manyar, Gresik hanya terlihat pasrah saat petugas mulai membongkar lapak dagangannya. Mereka  pun menerima tanpa perlawanan. Tak sedikit dari pedagang Manyar sudah mulai lebih dulu mengkosongkan barang dagangannya.

Pembongkaran kios ini berkaitan dengan rencana pelebaran jalan Pantura Gresik – Lamongan oleh Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN). Para pedagang yang kiosnya dibongkar pun sudah mendapatkan tempat baru untuk berdagang.

Salah satu pedagang Muhammad Zarkasih mengaku pasrah atas relokasi ini. Pria 47 tahun ini sebenarnya menerima saja terkiat relokasi ini. Namun yang menjadi kendala, tempat relokasi untuk dagangannya belum terbangun. Otomatis dirinya terancam tak jualan.

Baca juga:  Pelebaran Jalan Manyar, 144 Kios Akan Dibongkar Akhir Tahun  

“Ya mau gimana lagi, terpaksa tak jualan. Saya hanya meyayangkan ketika tempat baru belum terbangun, tempat lama sudah mulai dibongkar,” katanya, Jum’at (28/10/2022).

Sementara itu, Camat Zainul Arifin mengatakan sosialisasi terkait relokasi kios sudah disampaikan jauh hari. Dirinya bahkan hampir setiap hari, melalui anak buahnya terus mengingatkan terkait jadwal relokasi.

“Sudah kita sampaikan malah setiap hari. Petugas di lapangan pun berkenan membantu jika membutuhkan tenaga untuk angkat-angkat barang,” tegasnya.

[penci_related_posts dis_pview=”no” dis_pdate=”no” title=”Baca Juga ” background=”” border=”” thumbright=”no” number=”1″ style=”list” align=”none” withids=”” displayby=”tag” orderby=”date”]

Dijelaskan, pembongkaran kios kali ini, ada 22 lapak pedagang yang telah dibongkar. Pembongkaran dilakukan secara bertahap. Total ada sekitar 199 kios di sepanjang jalan Manyar yang nantinya direlokasi.

Baca juga:  Pelabaran Jalan Manyar, Puluhan Warung Akan Tergusur

Menurut Zainul, pembongkaran kios pedagang ini bukan tanpa solusi. Pemerintah telah menyedikan tempat baru di Lapangan Sunan Giri Desa Manyarsidomukti, Kecamatan Manyar.

“Di sana, proses pembangunan stan relokasi terus dikebut agar bisa segera ditempati para pedagang,” jelasnya.

Ada 67 stand yang telah disiapkan bagi korban pengusuran akibat proyek pelebaran jalan. Zainul Mengeklaim jika tempat baru ini cukup strategis. Di sana juga disedikan taman bermain untuk anak-anak.

“Jadi sangat strategis. Pedagang Manyar tak perlu khawatir jika dagangannya tak laku. Karena kami telah menyiapkan semuanya,” tuturnya. (aam)