Kisah Nenek Bonah Asal Lowayu Gresik, Berangkat Haji di Usia 91 Tahun

GresikSatu | Warga Desa Lowayu RT 23 Rw 006, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, Bonah bin Ngatip menjadi Calon Jemaah Haji Tertua asal Kabupaten Gresik yang akan berangkat ke Baitullah tahun ini.

Nenek berusia 91 tahun tersebut bahkan nampak antusias mempersiapkan keberangkatannya ke Mekkah. Tak hanya mempersiapkan bekal, Bonah juga mempersiapkan fisiknya dengan tidak pernah absen jalan keliling kampung selepas salat Subuh. 

“Seneng akhirnya bisa berangkat tahun ini,” ungkapnya, Jumat (19/5/2024).

Dalam keberangkatan ke Tanah Suci, Bonah akan didampingi oleh Ratiani, sang putri. Ratiani menuturkan, dirinya pun bahagia karena ibunya masih sehat untuk menjalankan ibadah haji. 

“Sebetulnya bisa berangkat ke Tanah Suci tahun lalu. Tapi karena tidak didampingi keluarga jadi saya milih mundur nunggu anak saya,” tuturnya.

Baca juga:  Innalillahi! Sudah ada Enam Jemaah Haji Asal Gresik yang Meninggal di Makkah

Kegigihan Bonah juga tampak saat menjalani manasik haji. Saat manasik di kecamatan, dirinya termasuk dalam kelompok lanjut usia sehingga disarankan memakai kursi roda.

“Namun, ibu menolak karena merasa masih mampu untuk berjalan kaki sebagaimana biasanya,” ungkap Ratiani.

Di usianya yang sudah senja, Bonah terlihat masih bugar. Ia aktif melakukan seperti bersih-bersih rumah. Bahkan, nenek kelahiran 1932 itu masih berkeinginan bekerja. 

“Untuk mengisi waktu, daripada tidak gerak. Tapi tidak dibolehkan anak,” ucap Bonah

Kebugaran Bonah itu tidak terlepas dari tekad kuat bisa sampai ke rumah Allah. Saking penginnya, nenek dengan tujuh anak itu serius menjaga kesehatan. Pantas saja, untuk hanya berjalan dirinya masih terlihat tangkas. 

Baca juga:  Jamaah Haji Asal Gresik Meninggal Dunia di Madinah, Keluarga di Rumah Gelar Tahlilan

“Saya tiap hari makan ikan gabus. Lauk ikan rutin saya santap selama 20 tahun terakhir. Bahkan ini rahasia umur panjang dan ketangkasan badan,” ujarnya. 

Sesuai jadwal, Bonah masukdalam kloter 80 yang dijadwalkan akan berangkat 2 Juni mendatang.

Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler