Kompleks Arkeologi Perkampungan Purba, Situs Duplang di Jember

GresikSatu | Situs Duplang, sebuah peninggalan bersejarah yang mengungkap kejayaan peradaban manusia Nusantara masa lampau, terletak di Jember, Jawa Timur.

Dengan luas lahan kurang lebih 10×10 meter, situs ini merupakan kompleks arkeologi peradaban manusia nusantara pada masa lampau.

Pada masa prasejarah, Situs Duplang diduga menjadi tempat tinggal peradaban manusia, bukti temuan alat-alat batu dan sisa-sisa kehidupan manusia prasejarah menjadi bukti keberadaan mereka di situs ini.

Banyak yang meyakini situs ini sudah ada sejak abad ke-4 Masehi. Tempat ini, merupakan salah satu perkampungan purbakala di Jawa Timur, selain Kendal dan Trowulan.

Penemuan dan Penelitian

Sejak pertama kali ditemukan pada tahun 1939, Situs Duplang telah menjadi objek penelitian yang menarik bagi para arkeolog dan sejarawan.

Baca juga:  Mini Zoo Jember, Harga Tiket, Jam Buka, dan Alamat Destinasi Wisata Edukasi Satwa di Jember

Berbagai penemuan artefak dan struktur bangunan telah mengungkapkan kekayaan sejarah yang terkandung di dalamnya.

diantara peninggalan purbakala yang ada di situs Duplang adalah menhir, watu kenong, dan dolmen, benda peninggalan tersebut masih berada diposisinya secara persis saat pertama kali ditemukan.

Keindahan Alam Sekitar

Selain kekayaan sejarah dan arkeologi, Situs Duplang juga dikelilingi oleh keindahan alam yang memukau. Pemandangan hutan tropis dan udara segar dari Gunung Argopuro menambah pesona tersendiri bagi pengunjung yang datang ke situs ini.

Dukuh Duplang, Desa Kamal, Kec. Arjasa, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

  • Jam Buka

Situs Dupllang buka setiap hari 24 jam.

  • Harga Tiket Masuk

Tidak dipungut biaya / Gratis.

Baca juga:  Healing Nikmat di Wisata Simbat Wuluhan, Jember

Dengan mengunjungi Situs Duplang di Jember, Jawa Timur, kita dapat mengenal lebih dalam tentang peradaban manusia Nusantara masa lampau sambil menikmati keindahan alam sekitarnya.

Reporter:
Hilda Azhura
Editor:
Ashadi Ihsan
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler