Kunjungi Kampung Pancasila Gresik, Danpusterad Sebut Desa Sukorame Cerminan Toleransi

GresikSatu | Komandan Pusat Teritoritorial TNI AD (Danpusterad) Letnan Jendral Teguh Muji Angkasa melakukan kunjungan ke Kampung Pancasila, Kelurahan Sukorame, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, pada Selasa (2/5/2023).

Kedatangannya tersebut dimaksudkan untuk mengetahui secara riil nuansa toleransi di Kampung Pancasila. Sekaligus menguji pengetahuan warga Gresik tentang ideologi negara, yakni Pancasila sebagai falsafah hidup berbangsa dan bernegara di Indonesia.

Danpusterad RI Letnan Jendral TNI Teguh Muji Angkasa menuturkan Pancasila menjadi perekat dan falsafah hidup yang tidak bisa diganggu gugat. Kukuhnya bangsa saat ini, bukan berarti tanpa ancaman. Tujuan dibentuknya Kampung Pancasila adalah mewujudkan situasi harmonis diatas perbedaan.

Kampung Pancasila telah dihuni berbagai suku agama dan ras di Kecamatan Gresik. Perbedaan itu membutuhkan alat pemersatu, kalo tidak ada alat pemersatunya akan menjadi sesuatu yang tidak baik, ego sektoral serta arogansi pasti akan muncul, seolah-olah setiap kelompok merasa paling benar,” tuturnya.

Baca juga:  Dandim Gresik Bakal Libatkan Pentolan Perguruan Silat ikut Patroli Malam

Sebagai pegangan hidup serta alat pemersatu bangsa, masyarakat wajib mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila di kehidupan sehari-hari.

“Seiring perkembangan teknologi informasi, masyarakat dituntut untuk lebih waspada terhadap nilai asing dan pemahaman lain yang dapat merusak jiwa nasionalis. Seperti paham radikalisme. Radikalisme harus dikikis habis di tanah yang cinta damai ini,” terangnya.

“Salah satu penerapan Kelurahan Sukorame dalam melestarikan pancasila yakni menjunjung tinggi toleransi, menumbuhkan sikap gotong royong meski berbeda etnis agama, mengikis paham radikalisme dan menghapus perbedaan yang ada,” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Gresik Arip Wicaksono menyampaikan ucapan terimakasih atas kedatangan Danpusterad RI di tanah Gresik.

“Sebagai bekas Letnan 2 infantri, jiwa TNI yang masih melekat saya keluarkan dengan memberi perhormatan secara militer. Terimakasih atas kedatangannya, semoga ke depan Kampung Pancasila bisa lebih membanggakan,” katanya.

Baca juga:  TNI AD Buka Rekutmen, Jalur Santri Diprioritaskan

Selain dihadiri Danpusterad Letnan Jendral TNI Teguh Muji Angkasa, acara tersebut juga dihadiri, Camat Gresik Arip Wicaksono, Ketua Formagam Gresik Djoko Pratomo, Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo, Danrem, Korem, Babinsa, PKK, dan para siswa-siswi di Kabupaten Gresik. (ovi/aam)

 

Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler