Kursi Ketua DPRD Gresik Bakal Segera Terisi, Siapakah Sosoknya?

GresikSatu | Selangkah lagi gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Gresik akan dihiasi wajah baru para wakil rakyat.

Kursi pimpinan dewan pun juga bakal diisi dengan wajah baru dari pemegang kursi terbanyak fraksi PKB

Kepastian Ketua DPRD Gresik periode 2024-2025 itu akan diumumkan pada Agustus mendatang. Sosoknya sedang menjadi perbincangan hangat sebelum resmi ditetapkan. 

Diketahui, setidaknya DPC PKB Gresik telah mengusulkan 5 kandidat kepada DPP PKB Pusat. Sesuai hasil rapat pleno DPC PKB pada 31 Maret lalu.

“Seluruhnya sangat berkompeten. Sehingga mereka wajib mengikuti uji kelayakan dan kompetensi (UKK) yang diselenggarakan langsung oleh DPP Pusat,” ungkap Ketua DPC PKB Gresik, Much Abdul Qodir, Kamis (2/5/2024).

Baca juga:   DPRD Gresik Kritik Ketidaksingkronan Angka R-APBD 2024, Target Pendapatan Turun Anggaran Belanja Naik

Para kandidat yang diusulkan yakni Sekretaris DPC PKB Gresik Imron Rosyadi, Ketua F-PKB DPRD Gresik M Syahrul Munir, Bendahara DPC PKB Gresik Mochammad, Bendahara DKC Garda Bangsa Gresik M. Rizaldi Saputra, dan Ketua DPAC PKB Menganti Abdullah Hamdi.

“Sesuai juknis, pengurus DPC hanya memiliki wewenang mengusulkan, selanjutnya DPP yang akan menguji. Mekanisme tersebut juga berlaku bagi daerah dan wilayah lainnya,” terangnya.

Pelaksanaan UKK sendiri akan digelar pada awal Agustus. Begitu selesai, pihaknya akan segera mengumumkan sosok Ketua DPRD Gresik sebelum masa periodesasi anggota legislatif 2019-2024 berakhir.

“Pertimbangan politis juga menjadi salah satu indikator. Khususnya bagi sosok yang memiliki kemampuan dalam menggerakkan massa hingga menggalang dukungan mengahadapi Pilkada 2024,” terangnya.

Baca juga:  DPRD Gresik Desak Pemkab Lunasi Utang ke Kontraktor di Tahun 2023, Nilalinya Rp 142,5 M

Sementaraitu, posisi Wakil Ketua DPRD akan diisi oleh partai Gerindra. Partai berlambang kepala Garuda itu menyerahkan keputusan sepenuhnya pada rekomendasi DPP Gerindra Pusat.

“Seluruhnya memiliki peluang, silahkan melakukan komunikasi politik bersama pimpinan pusat. Namun, tetap berfokus pada visi misi partai untuk menyejahterakan masyarakat,” ungkap Ketua DPC Gerindra Gresik Asluchul Alif.

Dipastikan, Asluchul Alif tak akan menjabat sebagai Wakil DPRD Gresik periode mendatang. Sebab didaulat akan mengikuti kontestasi politik Pilbup 2024.

“Proses pengganti antar waktu (PAW) juga akan kami lakukan. Mengikuti prosedur sesuai keputusan KPU nanti,” pungkasnya.

Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler