Masjid KH Robbach Ma’sum di Balongpanggang Gresik Segera Diresmikan 

GresikSatu | Masjid KH Robbach Ma’sum di Desa Kedungpring, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik segera diresmikan oleh Pemkab Gresik.

Rencananya, Masjid yang berada di kawasan Islamic Center ini, akan diresmikan langsung oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dan Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, pada akhir bulan Maret 2024 ini.

Nantinya masjid tersebut diresmikan dalam safari ramadan pada Kamis (28/3/2024).

Kasubag Kesra Kabupaten Gresik Khoirul Anwar mengatakan, rangkaian safari Ramadan dimulai dari buka puasa bersama, dilanjutkan salat maghrib bersama sambil nunggu salat isya, lalu tarawih.

“Dilanjutkan peresmian masjid Robbach Ma’sum, penandatangan prasasti sekaligus pengukuhan takmir pengelola organ pengelola. Kemudian ada ceramah agama sekalian nuzulul Qur’an pukul 22.00 WIB,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Cipta Karya, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DCKPKP) Gresik Ida Lailatus Sa’diyah, mengatakan bangunan Masjid tersebut, memiliki tiga lantai serta dilengkapi rooftop.

Baca juga:  Masjid KH Robbach Ma'sum Islamic Center Balongpanggang Gresik Diresmikan

Rooftop sendiri merupakan sebuah atap yang memiliki permukaan datar dan biasanya dipakai untuk orang yang ingin bersinggah di atas bangunan tersebut.

Ida juga menjelsakan detail desaian bangunan sebagai berikut. Lantai satu digunakan sebagai ruangan kantor dan lain sebagainya. Di lantai dua untuk jamaah pria.

Sedangkan lantai tiga untuk jamaah wanita. Paling atas sendiri ada rooftop tempat bersantai sambil melihat matahari terbit dan terbenam.

Masjid ini mampu menampung sekitar 350 jamaah,” ucapnya Kamis (21/3/2024).

Masjid ini memiliki kemegahan jika dilihat dari banyak sudut. Tampak dari luar bangunan masjid memiliki warna dasar putih dengan kuba di atasnya.

Saat malam hari nyala ornamen lampu terlihat menarik. Mulai dari dua tower di gerbang masuk dan ornamen lampu di badan masjid.

Baca juga:  Beredar Foto Hoax GP Ansor Benjeng Ngaji di Gereja, Pelakunya Diburu Banser 

Setiap harinya, masjid ini akan dibuka untuk umum. Tempat ibadah ini juga digunakan salat jumat untuk warga di Balongpanggang, Gresik.

Masjid ini juga menjadi ikon Gresik di wilayah selatan, depan masjid dilintasi bus Transjatim rute Gresik – Mojokerto.

Diketahui, di kawasan Islamic Center yang memiliki bangunan seluas 5.700 meter persegi ini, ada tiga tower bangunan.

Pertama Masjid KH Robbach Ma’sum yang akan diresmikan akhir bulan ini. Kemudian tower kedua ada Gresik Universal Science (GUS) yang sedang dikerjakan. Ketiga ada tower untuk aula dan pujasera.

Reporter:
Mifathul Faiz
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler