Minggu, Januari 29, 2023

Mengenal Jajanan Wingko, Kue Tradisional yang Tumbuh Subur di Kota Gresik

GresikSatu | Wingko atau yang biasa disebut Wingko babat adalah makanan tradisional legendaris di Jawa Timur. Rasanya legit dan kenyal, membuat sajian ini cocok disantap bersama kopi dan teh hangat.

Jajanan tersebut tumbuh subur di Gresik, menjadi salah satu makanan primadona yang tidak pernah sepi peminat. Kue wingko Gresik tersebut dipatok dengan harga murah dan mudah ditemukan di toko oleh-oleh terdekat.

Wingko Gresik berbentuk bulat, dibuat dari kombinasi gula, kelapa, dan tepung beras ketan. Kemudian ulenan yang dibuat, dipanggang diatas cetakan dengan volume api sedang. Jika ingin membuat wingko, pastikan kelapa yang digunakan berbahan dasar kelapa muda.

Murtasiyah (50) salah seorang pembuat kudapan legendaris dari Desa Suci Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik tersebut menerangkan, resep wingko yang ia dapatkan dengan waktu tidak sebentar dan inovasi rasa wingko yang ia produksi.

Baca juga:  Meski Terhitung Langka, Makanan Khas Gresik Lontong Roomo Banyak Diburu di Bulan Ramadan 

“Saya belajar mendapatkan rasa yang paling pas dilidah sangat susah sekali, sedikit beda porsi saja akan mempengaruhi cita rasa. Ditambah seiring berjalannya waktu, varian rasa wingko babat semakin banyak,” ungkapnya, Senin (2/1/2023).

“Mulai dari durian, nangka, coklat, vanilla, bahkan pisang. Dulu cuman ada rasa original. Sekarang evolusi rasa lebih beragam dan dapat dinikmati oleh berbagai kalangan usia,” tambahnya.

Makanan khas ini juga selalu ada dalam tradisi seserahan. Indentik sebagai simbol seorang pria yang mantap ingin meminang pujaan hatinya.

Biasanya, kue wingko Gresik dengan perpaduan gurih dan manis ini juga tidak pernah absen dalam kegiatan adat, bahkan tradisi seserahan. Seorang pria yang serius kepada wanita yang memenangkan hatinya, akan bertandang dengan keluarga sambil membawa seserahan. Diantaranya ya kudapan ini. (ovi/aam)

Baca juga:  Ditetapkan Sebagai WBTB, Kuliner Khas Gresik Nasi Krawu Diakui Skala Nasional