Mudik Gratis Pemkab Gresik 2024 Dibuka, Simak Syarat dan Tanggalnya 

GresikSatu | Pemerintah Kabupaten Gresik melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Gresik kembali menyelenggarakan mudik gratis menyambut Lebaran 2024.

Kegiatan tahunan ini mulai disiapkan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik dengan menggelar rapat teknis persiapan mudik gratis di kantor Dishub yang dipimpin langsung oleh Kepala Dishub Gresik, Khusaini, Kamis (14/3/2024).

Rencananya, acara bertajuk Mudik Gratis Bareng Gus Yani dan Bu Min akan digelar pada Sabtu 6 April 2024 mendatang di Halaman Kantor Bupati Gresik.

Kabid Angkutan Jalan Dishub Gresik, Suhartono menyampaikan kegiatan akan dimulai dengan pembukaan pendaftaran. Peserta mudik gratis dibuka untuk masyarakat Gresik yang hendak mudik ke kampung halamannya.

“Pendaftaran mudik gratis ini akan kami buka dari tanggal 19 Maret 2024 hingga 22 Maret 2024 mendatang. Pendaftaran dilakukan secara langsung dengan mendatangi kantor Dishub Gresik di Terminal Bunder,” terangnya.

Baca juga:  Info Lur, Dishub Gresik Sediakan 10 Bus Mudik Gratis ke 18 Kota di Jatim

Syarat pendaftaran mudik gratis sangat mudah, Anda hanya perlu melampirkan fotocopy KTP dan KK domisili Kabupaten Gresik, atau surat keterangan domisili Kabupaten Gresik dari kecamatan.

Bagi masyarakat yang dinyatakan Sudah Terdaftar akan diberikan tiket yang berisi nama, alamat, nomor HP, nomor bus dan kursi, serta jurusan yang diberikan oleh petugas di Kantor Dinas Perhubungan.

“Pendaftaran akan ditutup otomatis jika kuota sudah terpenuhi,” ucapnya.

Dalam program Mudik Gratis Bareng Gus Yani dan Bu Min, telah disiapkan armada bus dengan 8 rute yang ada di Jawa Timur.

Di antaranya Gresik-Madiun-Ponorogo, Gresik-Bojonegoro-Tuban, Gresik-Probolinggo-Banyuwangi, Gresik-Lumajang-Jember, Gresik-Malang-Blitar, Gresik-Kediri-Tulungagung.

“Kami akan menyiapkan 15 armada bus untuk mudik tahun ini,” ungkapnya.

Baca juga:  Mudik Gratis Bareng Gus Yani dan Bu Min Membludak, Ratusan Orang Berebut Mendaftar

Sementara itu, Kepala Dishub Gresik, Khusaini menjelaskan tujuan program mudik gratis yakni untuk membantu masyarakat yang ingin pulang kampung tanpa beban biaya transportasi yang mahal.

Selain itu, untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan raya serta memberikan pengalaman mudik yang lebih nyaman dan aman bagi para pemudik.

“Berkendara dengan sepeda motor selain tidak didesain untuk perjalanan jauh, risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor juga sangat tinggi. Untuk itulah tahun ini kami menggelar mudik gratis,” pungkasnya.

Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler