Obyek Wisata Pulau Kangean, Surga Di Ujung Timur Yang Masih Asri.

GresikSatu | Tahukah anda?, wilayah paling timur di Jawa Timur adalah Pulau Kangean, pulau ini memiliki pemandangan yang memanjakan mata, terlebih berbagai obyek wisata di pulau Kangean masih asri nan bersih.

Lokasi pulau Kangean malah lebih dekat bali, di banding dari pulau Jawa. Pulau tersebut, masih dalam yuridiksi Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Memgenal Objek Wisata Pulau Kangean

Luas pulau Kangean kurang lebih 500 km persegi, di sekitarnya terdapat 60 gugus pulau-pulau kecil. Meski masih dalam teritori Madura, penduduk asli pulau Kangen ternyata berasal dari berbagai pulau, baik dari Bali, Kalimantan, Sulawesi, juga Jawa.
Bercampurnya ras, suku, bahasa, serta budaya, menjadikan adat dan bahasa di masyarakat Pulau Kangean, berbeda dengan Madura.

Akses ke Pulau Kangean

Bagi anda yang tertarik mengunjungi obyek wisata, di pulau Kangean. Anda dapat memulainya dari Surabaya, untuk menuju Sumenep anda harus menyebrangi madura, baik via kapal laut, maupun kendaraan darat.

Sesampainya di Sumenep, lanjut menuju pelabuhan Kalianget, untuk menuju pulau Kangean. Di sini anda dapat memilih kapal ke pulau Kangean, anda bisa naik kapal fery atau kapal cepat Bahari, bahkan anda dapat menyewa kapal yang dibandrol 500 ribu hingga 2 juta rupiah, untuk singgah ke pulau-pulau sekitar Kangean.

Akses Penginapan di Pulau Kangean

Sebenarnya, ada berbagai pilihan untuk bermalam di pulau ini, sebab pemerataan pembangunan wisata di Pulau Kangean, tidak semasif Bali, infrastruktur dan akses penginapan di pulau ini masih jauh tertinggal di banding pulau Bali.

Satu-satunya hotel di Kangean adalah Hotel Jundi Adili yang terletak pada, sentral daerah kangean yakni Arjasa. Penginapan di sini di bandrol sekitar 100.000-400.000 permalam.

Cara lain untuk bermalam di pulau Kangean adalah, menyewa home stay, maupun rumah warga setempat, atau dengan tenda. Namun, perlu di ingat, harap jaga barang bawaan anda, juga hindari membawa barang berharga, yang mencolok.

Objek Wisata Pulau Kangean

Jika berkunjung ke pulau Kangean, rasanya belum afdol kalau tidak singgah, di jembatan satu ini. Penamaan jembatan ajaib ini bukan tanpa sebab, konon jembatan ajaib kangean ini muncul dari laut dengan sendirinya.

Banyak warga yang mempercayai, kemunculan jembatan itu, erat kaitannya dengan sebuah makam di daerah tersebut. Jembatan itu, muncul pada hari Rabu 25 Januari 2013.

  • Pemandian Celgung

Fenomena yang di tunggu saat berada di pemandian Calagung adalah, saat pasangnya air laut dan air pandian bertemu, kedua air tersebut tidak dapat menyatu, pasalnya air pemandian berasal dari sumber.

Pemandian Calagung memang bersebelahan dengan laut, sehingga pemandangan laut lepas, akan terlihat dari pemandian ini, hal itu sangat memanjakan mata.

Obyek wisata ini, di percayamampu menyembuhkan segala macam penyakit. Pemandian Olbek berlokasi di Aeng Lombi, Kangean. Pemandangan di pemandian ini sangatlah asri, banyak pohon rindang yang mengelilinginya.

  • Pantai Teluk Sapoong

Bagi wisatawan yang ingin mencari spot foto yang ikonik, obyek wisata ini tampatnya, pantai Teluk Sapoong yang diapit teluk ini, menjadi destinasi utama bagi pelancong yang datang ke pulau Kangean.

Biasanya, terdapat atraksi yang ditunjukkan oleh pengelola, untuk memikat pengunjung, di sekitar pantai

  • Pantai Batu Guluk

Salah satu obyek terkenal di Pulau Kangean adalah pantai Batu Guluk, lokasinya dekat dengan pelabuhan Batu Guluk, yang merupakan akses utama menuju pelabuhan Kalianget.

Pesona pantai Batu Guluk, tidak hanya view laut dan pasir putihnya, melainkan tebing dan lembah pendek yang turut melengkapi, keindahan pantai tersebut.

Jika anda bertanya tempat yang paling timur di pulau Kangean, jatuh pada Pulau Paliat, obyek wisata ini masih satu rumpun dengan pulau Kangean. Anda dapat menjelajahi sepanjang pulau Paliat ini, yang juga menyajikan berbagai pantai dengan pemandangan yang luar biasa.

Terletak diantara Pulau Kangean dan pulau Paliat, Pulau Saebus juga menawarkan pemandangan bawah air yang memukau. Fasilitas di pulau ini lengkap, dari penginapan hingga spot foto yang estetik.

Salah satu obyek wisata bagi anda yang gemar snorkeling dan diving, pulau Mamburit lah tempatnya, pulau yang terletak di ujung barat Pulau Kangean ini, akan memanjakan mata bagi para wisatawan.

Selain tempatnya yang masih asri, anda juga dapat menikmati sunset di pulau Mamburit ini.

Reporter:
Abdullah Farkhan Baihaqi
Editor:
Ashadi Ihsan
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler