Pantau Pencemaran Lingkungan, DLH Gresik Gelar Susur Sungai di Manyar

GresikSatu | Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gresik menyelenggarakan kegiatan Gerakan Susur Sungai dan Aksi Bersih Sungai di sepanjang aliran Sungai DAS Manyar, yang terletak di Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Selasa (11/6/2024).

Kegiatan susur sungai juga dilakukan dalam rangka mengawasi aktivitas usaha di sekitar aliran sungai untuk mencegah pembuangan limbah berbahaya.

Kepala DLH Gresik, Sri Subaidah menyampaikan kegiatan susur sungai dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan sekaligus mengoptimalkan pengawasan terhadap usaha yang berpotensi menurunkan kualitas air.

“Kegiatan ini dilakukan menyusuri sepanjang Sungai manyar dari Hulu ke Hilir dan bertujuan untuk mengetahui kondisi lapangan sungai sekitar apakah ada pencemaran seperti sampah maupun limbah. Sehingga bisa dilakukan penanggulangan lebih cepat ke sumber nya,” tuturnya.

Baca juga:  Banyak Armada yang Rusak, DLH Gresik Lakukan Peremajaan Kontainer

Pihaknya juga melakukan pengambilan sampel air Sungai untuk mengetahui kondisi air Sungai di wilayah indistri kawasan Manyar.

“Mudah-mudahan dengan pengawasan rutin yang kita lakukan, bisa lebih meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Baik para pengusaha, hingga seluruh masyarakat. Apalagi sungai menjadi penghidupan bagi warga setempat,” pungkasnya.

Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler