Pemerintah Bagikan Bantuan 25 Ribu STB untuk Warga Miskin Gresik

GresikSatu | Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan bantuan Set Top Box (STB) TV digital kepada warga kurang mampu di seluruh wilayah Indonesia.

Tak terkecuali Kabupaten Gresik. Di Kota Santri, hampir 25 ribu warga menerima bantuan STB yang langsung dari pusat itu. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Gresik Ninik Asrukin mengatakan, sejak awal bulan November bantuan STB sudah dilakukan kepada warga miskin di Gresik. 

“Bantuan langsung dari Kominfo Pusat, lalu dibagikan oleh vendor ke warga di Kabupaten Gresik,” ucapnya, Sabtu (5/11/2022). 

Menurut dia, warga yang mendapatkan bantuan STB ini, warga yang sudah tercatat di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Semuanya sudah by name, by addres.

Baca juga:  Tangkal Hoaks di Tahun Politik, Kominfo Gresik Ajak Polres Amankan Ruang Digital

Sehingga saat petugas vendor melakukan pembagian, sudah berkoordinasi dengan pihak Kecamatan dan Desa.

“Kami hanya sebatas monitoring saja, bantuan semuan ditentukan dari Pusat. Dari data yang kami ajukan ke Kementerian, hasilnya total ada 24.916 warga penerima bantuan STB ini,” paparnya. 

Bagi masyarakat yang tidak mendapatkan bantuan, lanjut Ninik, tidak usah berkecil hati. Karena STB ini juga sudah banyak dijual di toko-toko elektronik. Mulai harga Rp 150 ribu sampai 200 ribu. 

Diketahui, STB TV digital ialah alat untuk mengonversi sinyal menjadi gambar dan suara agar dapat ditampilkan pada TV analog. Di Indonesia menggunakan DVB-T2 untuk menangkap siaran TV digital

Sesuai Undang-Undang no. 11/2020 tentang Cipta Kerja, pemerintah wajib mulai mengalihkan siaran televisi di wilayah NKRI dari sistem analog ke sistem digital pada 2 November 2022. Program ini disebut sebagai Analog Switch Off (ASO). (faiz/aam)

Baca juga:  Manfaatkan PDN Secara Optimal, Pemkab Gresik Raih Penghargaan dari Kemenkominfo RI
Reporter:
Tim Gresik Satu
Editor:
Tim Gresik Satu
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler