Penataan Kawasan Heritage Gresik, Ada Tambahan Pembangunan Penunjang di Dua Titik

GresikSatu | Pemerintah Kabupaten Gresik kembali menunjukkan inovasi pembangunan dengan menata kawasan Heritage Bandar Grissee. Setelah tujuh ruas jalan diperindah menjadi kawasan wisata heritage, pada tahun 2023 ini terdapat tambahan pembangunan di dua titik di Jalan KH Kholil dan Jalan Kramat Langon.

Kepala Dinas Cipta Karya Perumahan dan Kawasan Permukiman (DCKPKP) Gresik, Ida Lailatus Sa’diyah mengatakan, pembangunan tersebut dibiayai dari APBN tahun 2023 dengan anggaran sebesar Rp 3 miliar.

“Rinciannya, di Jalan Kramat Langon akan dibangun saluran dan jembatan, sementara di KH Kholil dan Nyai Ageng Pinatih akan dibangun jalur pejalan kaki atau pedestrian yang lebih tinggi dari permukaan jalan untuk menjamin keselamatan pejalan kaki,” katanya Rabu (10/5/2023).

Baca juga:  Disparekrafbudpora Gresik Ajukan Kawasan Bandar Grissee Masuk Cagar Budaya

Lebih lanjut, Ida menjelaskan bahwa dari APBD 2023 akan ada tambahan penunjang kawasan heritage, seperti fasilitas kursi dan penerangan jalan umum (PJU) dengan estimasi anggaran Rp 300 juta. Pembangunan ini ditargetkan selesai pada akhir Juni 2023.

Pihak terkait berharap kawasan yang sudah diperindah bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Selebihnya, Disparekrafbudpora akan mengelola kawasan ini.

“Diharapkan, inovasi pembangunan ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan menjadikan kawasan Heritage Bandar Grissee semakin menarik sebagai destinasi wisata heritage di Gresik,” pungkasnya. (faiz/aam)

Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler