Penjualan SIG Meningkat Berkat Dukung Pembangunan Infrastruktur IKN Nusantara

GresikSatu | PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) mencatatkan kenaikan signifikan dalam penjualan pada tahun 2023.

Peningkatan penjualan ini sebagian besar didorong oleh partisipasi aktif perusahaan dalam pembangunan infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Dalam laporan keuangannya, SIG melaporkan penjualan sebanyak 40,62 juta ton semen, mengalami lonjakan sebesar 10% dibandingkan periode sebelumnya.

Peningkatan tersebut menjadi bukti konkret dari peran strategis SIG dalam mendukung pembangunan infrastruktur nasional, khususnya proyek mega seperti IKN Nusantara.

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni, menyatakan bahwa perusahaan selalu siap untuk berkontribusi dalam setiap langkah pembangunan di Indonesia, termasuk pembangunan infrastruktur IKN Nusantara.

“Sebagai bagian dari komitmen tersebut, SIG telah aktif memasok 3.000 – 4.000 ton semen per hari untuk mendukung kebutuhan pembangunan infrastruktur IKN Nusantara,” katanya, Rabu (20/3/2024).

Dijelaskan, mulai Desember 2022 hingga Februari 2024, SIG telah menyuplai sebanyak 400 ribu ton bahan bangunan dari fasilitas di Balikpapan dan Samarinda, yang merupakan langkah konkrit dalam mendukung percepatan pembangunan IKN Nusantara.

Baca juga:  Perkuat Kolaborasi, SIG Gelar Jalan Sehat Bareng Erick Thohir

Vita Mahreyni juga menekankan bahwa keunggulan variasi produk semen curah SIG yang lengkap telah memposisikan perusahaan secara strategis untuk mendukung proyek infrastruktur nasional, terutama proyek mega seperti IKN Nusantara.

Selain itu, SIG siap memastikan kelancaran pasokan dan kualitas produk untuk mendukung percepatan pembangunan IKN melalui fasilitas di Balikpapan dan Samarinda, yang secara geografis dekat dengan lokasi proyek.

Pembangunan infrastruktur IKN Nusantara menggunakan produk bahan bangunan SIG dalam berbagai paket pekerjaan, termasuk pembangunan Istana Negara, Kantor Presiden, dan Jalan Tol.

“Jalan Tol ini diharapkan dapat mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN dari sebelumnya sekitar 2 jam menjadi hanya 45 menit, yang akan membantu memperlancar akses ke IKN Nusantara,” bebernya.

Baca juga:  Gandeng Semen Gresik, MUI Beri Pendampingan Sertifikasi Produk Halal ke UMKM

Tidak hanya itu, produk semen SIG juga turut digunakan dalam pembangunan infrastruktur pendukung KIPP, seperti Intake Sepaku dan Bendungan Sepaku.

“Kehadiran infrastruktur tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air baku di IKN yang bersumber dari Sungai Sepaku, serta berfungsi sebagai pengendali banjir di kawasan tersebut,” tuturnya.

Selain IKN Nusantara, SIG juga telah berhasil memasok 63 proyek strategis nasional lainnya sepanjang tahun 2023, yang meliputi proyek seperti Jalan Tol Trans Sumatera, proyek smelter, PLTU/PLTA, bendungan, dan kawasan industri.

“Hal ini menunjukkan komitmen SIG dalam mendukung pembangunan infrastruktur nasional secara menyeluruh,” jelasnya.

Dengan demikian, meningkatnya penjualan SIG tidak hanya mencerminkan pertumbuhan perusahaan, tetapi juga menjadi cermin dari peran penting mereka dalam mendukung pembangunan infrastruktur yang vital bagi kemajuan Indonesia.

Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler