Perkuat Karakter Siswa, Ratusan Siswa SMP Al Furqon Gresik Gelar Gebyar Kreasi Santri Melalui P5 Kurikulum Merdeka 

GresikSatu | Ratusan siswa SMP Al Furqon Gresik, mengadakan gelar Gebyar Kreasi Santri di halaman sekolah setempat. 

 

Dengan mengangkat tema “Bangun Jiwa dan Raganya, Sehat Jiwaku, Kuat Ragaku, Baik Akhlakku, dan Barokah Ilmuku”. Para siswa-siswi, menampilkan beberapa karya.

 

Mulai dari penampilan pidato bahasa asing, drama kolosal, tarian, pencak silat memasak dan lainnya. 

 

Kegiatan yang diikuti oleh siswa kelas VII sampai IX itu, dalam rangka penguatan karakter siswa melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). 

 

Kepala Sekolah SMP Al Furqon, Khusnul Wafa mengatakan SMP Al Furqon mulai mendaftar sebagai sekolah yang menerapkan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) atau P5.

 

Pada tahun ini, sekolah yang berada dibawah naungan Yayasan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Furqon di Desa Wedoroanom, Kecamatan Driyorejo, Gresik, sudah kali keduanya melakukan kegiatan P5

 

“Selama satu tahun, pelaksanaan P5 di sekolah kami dua kali, yakni di semester 1 dan semester 2,” ucapnya bersama para guru di SMP Al Furqon Gresik, Sabtu (9/3/2024). 

Baca juga:  SMA Al Furqon Jadi Lokomotif Sekolah Penggerak di Gresik

 

Menurut dia, kegiatan P5 dengan tema ‘Bangunlah Jiwa dan Raganya’ ini, untuk menguatkan para karakter siswa yang mayoritas bermukim di Pondok Pesantren. 

 

“Jadi kita tampilkan karakter anak yang khususnya anak pondok dibiasakan berkarakter kedisiplinan. Kemudian hidup bersama, saling tolong menolong, dan hidup sehat sekitar pondok,” ujarnya. 

 

Dengan demikian, tema P5 tersebut, lanjut dia, suatu ekspresi para siswa dan kebiasaan sehari hari anak di pondok, karena hampir 90% siswa-siswi merupakan anak pondok.

 

“Yang paling penting, inti dari tema kali ini untuk membentuk karakter anak-anak jiwa yang sehat dan berfikir positif. Dengan membiasakan membaca Al Quran, makan teratur dan kegiatan positif lainnya,” tuturnya. 

 

Selain itu, dengan dilaksanakannya P5 di SMP Al Furqon ini bisa mengembangkan potensi siswa-siswi.

 

“Harapannya dengan adanya agenda ini bisa menonjolkan dan mengembangkan potensi anak-anak. Karena masing-masing anak mempunyai potensi yang berbeda,” tambahnya. 

 

Di tempat yang sama, Kepala Departemen Pendidikan Yayasan Ponpes Al Furqon, Abdul Muid mengatakan, P5 yang diselenggarakan Al-Furqon bertujuan untuk menggali potensi yang dimilik oleh siswa atau santri.

Baca juga:  Gelar P5, SMP Plus Jauharul Maknuun Pamer Batik Khas Gresik Karya Siswa

 

“Bagaimanapun juga, anak-anak mempunyai kemampuan baik akademik maupun non akademik,” ucapnya. 

 

Dalam kegiatan P5 SMP Al Furqon tersebut, ratusan siswa-siswi memamerkan karya kreatifitasnya.

 

“Hari ini yang ditampilkan ada lomba pidato bahasa asing, pencak silat, tari, karya yang dimiliki siswa seperti minuman kunyit,” paparnya. 

 

Sekedar informasi, dalam kegiatan tersebut juga turut hadir Pengasuh Ponpes Al Furqon Kiai Mashuri Andurrahim. Beliau (Kiai Mashuri Andurrahim), yang membuka dan membacakan doa kegiatan P5 SMP Al Furqon Gresik.

 

Sementara pengasuh Ponpes Al Furqon KH Mashuri Abdurrohim berharap SMP Al Furqon semakin berkembang baik dan bermanfaat.

 

SMP yang menjadi bagian dari ponpes ini harus bisa merealisasikan pendidikan yang terbaik buat siswanya.

 

“Sehingga para siswa bisa meraih ilmu yang bermanfaat, menguatkan iman, memperbaiki akhlak, dan menjadi terampil supaya kedepannya nanti bisa mempersiapkan masa depan,” pungkasnya.

Reporter:
Mifathul Faiz
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler