Ratusan Balon Terbang di Langit Mengare Gresik dalam Perayaan MI Tsamrotul Ulum ke 68

GresikSatu | Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke 68, MI Tsamrotul Ulum yang berlokasi di Desa Tajungwidoro, Mengare, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik menerbangkan ratusan balon, Senin (12/2/2024).

Sebanyak 500 buah balon menghiasi langit Gresik dengan penuh keceriaan. Balon warna-warni dengan ukuran sedang tersebut, terlihat sangat menarik di tangan mungil siswa-siswi Sekolah Dasar. 

Ratusan balon ini sebagai simbol dan perayaan bahwa bermimpilah dengan setinggi balon yang diudarakan, karena wujud dari harapan itu bermula dari impian yang besar. Kemudian, diawali dengan Basmalah.

Pembina Upacara, Ustadz Muhammad As’ad Syamsul Arifin menceritakan sekelumit sejarah pendidikan di Madrasah Tsamrotul Ulum. Perjuangan serta pengorbanannya tidak mudah. 

Cicit dari perintis dan cucu pendiri madrasah ini menjelaskan perjalanan pendidikan dari Langgar Dempok hingga berdirinya Madrasah Tsamrotul Ulum.

Baca juga:  Parade Perahu Hias Mengare Gresik Ikut Semarakkan Hari Kemerdekaan

“Sekolah ini adalah bentuk dari perjuangan banyak orang yakni KH Mahfudz Sholeh beserta para tokoh agama lainnya,” ungkapnya, Senin (12/2/2024).

“Bermula dari musholla kecil langgar dempok (penyebutan masyarakat), beliau mulai mengajarkan pendidikan agama islam,” tambahnya.

Langgar Dempok menjadi cikal bakal Madrasah Tsamrotul Ulum, meluas dari Desa Tajungwidoro hingga Watuagung dan Kramat. 

“Kegiatan KH Ahyad di langgar Dempok diteruskan oleh menantu KH Mahfud Sholeh. Keputusan Bersama dengan tokoh masyarakat menghasilkan pendirian Madrasah Tsamrotul Ulum,” tuturnya. 

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh unit dalam lingkungan Tsamrotul Ulum, termasuk Kelompok Bermain 74 Firdaus, Roudlotul Athfal 53, Madin dan MI, guru, karyawan, murid, pengurus Tsamrotul Ulum, KKN dari STIT Raden Santri, serta paguyuban wali murid.

Baca juga:  Mayat Tanpa Identitas di Mengare Gresik, Berjenis Kelamin Perempuan Berusia 15 Tahun

Sementara itu, Kepala Madrasah Ibtida’iyah Tsamrotul Ulum, Amali mengucapkan terimakasih kepada semua yang hadir.

Dia menekankan bahwa peringatan harlah ini merupakan momentum untuk mengenang perjuangan pendiri madrasah dalam mencerdaskan masyarakat Tajungwidoro.

“Saya bangga karena pelaksanaan kegiatan harlah tahun ini luar biasa, dengan acara kirim do’a dilaksanakan di halaman, melibatkan semua unit dalam Madrasah Tsamrotul Ulum,” tuturnya.

“Harapannya MI Tsamrotul Ulum semakin jaya dan dipercaya masyarakat sesuai Visi dan Misi sekolah, tandasnya.

Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler