Minggu, Januari 29, 2023

Ribuan Calon Anggota PPS Gresik, Ikuti Tes Tulis Secara Serentak di Setiap Kecamatan

GresikSatu | Sebanyak 2.567 calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kabupaten Gresik, mengikuti tes tulis secara serentak pada Senin (9/01/2023). Tes tulis PPS sendiri bertempat di masing-masing kecamatan.

Dalam seleksi tertulis hari ini, terpantau ada sebanyak 2.567 dari 2.899 peserta PPS yang hadir mengikuti tes. Sedangkan sebanyak 332 lainnya tidak mengikuti tahapan seleksi tulis. 

Tahapan Seleksi tulis terdiri dari empat macam soal yang dilayangkan. Masing-masing peserta tidak bisa saling menanyakan dan menyontek. Peserta diharuskan profesional dalam melibatkan diri di Pemilu 2024.

Komisioner KPU Gresik Bidang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Makmun mengungkapkan integritas yang harus dimiliki calon PPS demi menyukseskan Pemilu 2024 nanti.

Baca juga:  Tahapan Pemilu 2024 Dimulai, Juni 2023 Penetapan Dapil 

“Melalui rekruitmen terbuka ini diharapkan lahirnya para penyelenggara Pemilu 2024  yang kompeten dan berintegritas, PPS menjadi salah satu ujung tombaknya kesuksesan Pemilu 2024 nanti,” ungkapnya.

Calon peserta PPS diharapkan memiliki bekal matang sebelum melibatkan diri dalam proses demokrasi bangsa. Mempunyai pemahaman seputar kebangsaan, kepemiluan, dan kompetensi dasar lainnya.

“Semoga para PPS memiliki bekal yang cukup dalam membantu KPU menyukseskan Pemilu nanti. Jika sudah memiliki bekal keilmuan, harus percaya pada kemampuan diri masing-masing bahwa akan lulus seleksi tulis ini,” imbuhnya. (ovi/aam)