Sambut Bulan Menggambar Nasional, Sangar Daun Gelar Pameran Lukisan

GresikSatu | Dalam menyambut bulan menggambar Nasional yang jatuh setiap bulan Mei, Sanggar Daun kembali menggelar pameran lukisan di salah satu Mall Gresik, Sabtu (13/5/2023). 

Pameran lukisan tersebut terdapat 7 kegiatan. 6 pameran tunggal lukisan-gambar, dan satu pameran bersama dan aksi seni rupa lingkungan hidup (environtment art).

Dalam pembukaan pergelaran tersebut, ada tiga pelukis melakukan pameran tunggal. Yakni, Anas Sangaji (14) asal Sidoarjo, Shafiyyah Hasna Rahman (15) asal Surabaya, dan Prisha Pamungkas (6) juga asal Surabaya. 

“Ini pembukaan kegiatan pameran tunggal tiga anak. Kalau biasanya pameran tunggal, satu pelukis satu tempat. Ini ada tiga pelukis dalam satu tempat,” ucap Arik S Wartono, selaku Pendiri dan Pembina Sanggar Daun. 

Baca juga:  Rayakan Bulan Menggambar, Pelukis Cilik Sanggar Daun Gelar Pameran Lukisan Hitam Putih

Menurut dia, dalam pameran ini, total ada 45 karya lukisan dan gambar media kanvas, yang dipamerkan. Dengan berbagai ukuran dari yang terkecil 20×20 cm, hingga yang terbesar 200×200 cm. 

“Masing-masing pameran tunggal mengusung konsep yang berbeda, dan digelar dengan sistem pembagian ruang galeri untuk 3 karya seniman,”jelasnya. 

“Beberapa lukisan dari yang dipamerkan, juga ada yang sudah dibeli para kurator saat gelaran pameran pertama,” ujarnya.

Sekedar informasi, rangkaian kegiatan dalam merayakan Bulan Menggambar Nasional 2023 yang tahun ini mengambil tema besar “Gembira Menggambar”.

Sedangkan pameran tunggal tiga pelukis ini, akan berlangsung mulai 13 Mei – 30 Juni 2023. Galeri pameran terbuka untuk umum, mulai pukul 10. 00 – 21.00 WIB. pukul 14.30 – 16.30 WIB. 

Baca juga:  Ayo Rek! Ramaikan Event Gresik Sumpek Fair 2023, Ada Pameran Seni Sampai Lomba Lato-Lato

Dalam kegiatan pameran ini, juga akan ada kegiatan menampilkan 30 karya seni rupa media tunas kelapa, yang dibuat oleh anak-anak sanggar daun dari Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Jogja, Depok dan Jakarta, usia mulai dua tahun.

Pameran berlangsung hanya dua jam, karena  karya seni media tunas kelapa ini akan dipamerkan lagi Sabtu, 27 Mei 2023 di Kedai Kosim Tulungagung. Kemudian esok paginya Ahad, 28 Mei 2023 karya seni tersebut ditanam di bukit dan pantai kawasan Pantai Nglarap dan Pantai Sine Tulungagung. (faiz/aam)

Rekomendasi Berita

Advertisement

Gresik Gres