Minggu, Januari 29, 2023

Sebanyak 2.417 Pendaftar PPS Gresik Lolos Seleksi Tulis, Lanjut Tes Wawancara

GresikSatu | Sebanyak 2.417 pendaftar rekruitmen Panitia Pemungutan Suara (PPS) lolos tahapan seleksi tulis. Hal itu tertuang dalam surat nomor 80/PP.04.1.Pu/3525/2023 berisi, Penetapan Hasil Seleksi Tertulis Calon Anggota Panitia Pemungutan Suara Pada Pemilihan Umum 2024.

Dari 2.889 pendaftar, ada 2.417 nama-nama calon yang terlampir dapat mengikuti tahap selanjutnya. Artinya ada sebanyak 472 peserta yang dinyatakan tak lolos seleksi selanjutnya oleh, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gresik.

Komisioner KPU Bidang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Makmun mengungkapkan tahapan lanjutan yang harus dilalui calon anggota. Yakni tes wawancara sebagai seleksi akhir.

“Tahap lanjutan seleksi besok adalah tes wawancara, yang akan dilaksanakan pada tanggal 18-20 Januari 2023 ditiap Kecamatan. Hingga mendapatkan hasil akhir sesuai kebutuhan yaitu 1 orang dimasing-masing Kelurahan atau Desa. Jika dikalkulasikan sebanyak 1x 356 se Kabupaten Gresik” jelasnya, Senin (16/1/2023).

Baca juga:  Ribuan Calon Anggota PPS Gresik, Ikuti Tes Tulis Secara Serentak di Setiap Kecamatan

Dalam tahap wawancara kedepan akan ada beberapa kompetensi yang diujikan. Materi tersebut diantaranya : kepemiluan, integritas, independensi dan profesionalitas, rekam jejak calon anggota, serta masukan dari masyarakat karena rekruitmen PPS tahun ini bersifat publik.

Makmun menambahkan, pihaknya berharap kepada para calon anggota untuk mempersiapkan diri semaksimal mungkin. Tes selanjutnya menjadi tes akhir untuk penetapan nama-nama anggota PPS terpilih.

“Kami selaku tim KPU Gresik akan menjaring anggota yang tepat, sesuai lini kemampuan. Tidak akan ada kasus money politik, manipulasi suara, menjunjung tinggi asas Luber Jurdil (langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil). Sebagai ujung tombak pelaksanaan Pemilu ditingkatan desa,” imbuhnya. (ovi/aam)