Telah Lolos Uji Laik Operasi, Starlink Resmi Jualan Internet ke Pelanggan Ritel Indonesia

GresikSatu | Pemerintah Indonesia baru-baru ini mengeluarkan izin kepada Starlink, perusahaan milik Elon Musk, untuk menjual layanan internet kepada pelanggan ritel di Indonesia.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan layanan internet berbasis satelit Starlink milik Elon Musk telah lolos Uji Laik Operasi (ULO)

Dengan diberikannya izin ini, Starlink dapat membuka akses lebih luas bagi masyarakat Indonesia untuk mengakses internet berkualitas, terutama di daerah-daerah yang sulit terjangkau oleh jaringan internet konvensional.

Starlink sudah punya izin penyelenggara telekomunikasi itu sudah selesai semua. (ULO) sudah beres semua,” ungkap Direktur Telekomunikasi Ditjen PPI Kementerian Kominfo Aju Widya Sari saat ditemui di sela-sela Halal Bihalal Apjatel di Jakarta, Senin (29/4/2024).

Baca juga:  SMP Islam Syifaul Qulub Gresik Jadi Sekolah Pertama di Indonesia Gunakan Internet Satelit Starlink

Dengan izin yang diterima, Starlink diharapkan segera melaksanakan rencananya untuk memasarkan layanan internet kepada pelanggan ritel di Indonesia.

“Sudah selesai dua minggu lalu. Waktunya saya harus cek, tapi yang jelas sudah selesai. Surat Keterangan Larik Oprasi (SKLO) yang jelas sudah terbit dan bisa jualan,” kata Aju.

Layanan internet Starlink menggunakan jaringan satelit dan telah terbukti efektif dalam menyediakan akses internet cepat dan stabil di berbagai lokasi, termasuk daerah terpencil.

Kecepatan dan kehandalan layanan ini menjadi daya tarik utama bagi banyak pengguna di Indonesia.

Masuknya Starlink ke pasar telekomunikasi Indonesia juga berpotensi mengubah dinamika industri ini.

Persaingan antar penyedia layanan internet diprediksi semakin ketat, dengan inovasi teknologi yang dihadirkan oleh Starlink.

Baca juga:  Facebook Dan whatsApp Tidak Jadi Diblokir Berikut Daftar PSE Yang Diblokir Kominfo Pertanggal 21 Juli
Reporter:
Hilda Azhura
Editor:
Ashadi Ihsan
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler