Tinjau Kawasan JIIPE, Kapolda Jatim Akan Bangun Polsek Urban Upaya Jaga Proyek Strategis Nasional

GresikSatu | Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Toni Harmanto, Waka Polda Jawa Timur Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo beserta Pejabat Utama Polda Jatim meninjau Kawasan Industri Java Integreted Industrial and Port Estate (JIIPE), Selasa (28/03/2023).

Peninjauan ini, dalam rangka memastikan situasi dan kondisi keamanan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang merupakan proyek strategis nasional. Sekaligus perencanaan kawasan JIIPE bakal didirikan Polsek Urban sebagai penunjang keamanan di sana.

“Ini perlu ada kajian lebih lanjut, sebab pos polisi ada standart dan levelnya. Kalau bisa, langsung saja didirikan Polsek Urban,” kata Kapolda di sela-sela kunjungan didampingi Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Kapolres Gresik dan juga Dandim 0817 Gresik.

Baca juga:  Pembangunan Smelter Freeport Gresik Sudah 30 Persen

Kapolda Jatim juga menyatakan, bahwa menjaga kondisi keamanan kawasan KEK sebagai obyek vital merupakan salah satu bagian dari tugas Polri. 

“Untuk itu perlunya koordinasi dan mekanisme pola pengamanan untuk menjamin kegiatan ekonomi didalamnya. Mengingat kawasan JIIPE ini adalah obyek vital,” tegasnya. 

Di tempat yang sama, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan Pemerintah Daerah senantiasa hadir dalam memberikan dukungan terhadap Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Salah satunya adalah dalam bidang utilitas.

“Kami berkesempatan menjalin kerjasama dalam suplay air melalui Perumda menuju kawasan industri di JIIPE. Ini adalah bagian dari bentuk sinergitas kami terhadap pembangunan KEK di Gresik,” ucapnya. 

Gus Yani sapaan akrabnya berharap, dengan adanya pengawasan yang dilakukan oleh Polda Jatim, maka situasi kamtibmas di Gresik pada umumnya dan terutama di Kawasan Ekonomi Khusus dapat terjamin. 

Baca juga:  Ma'ruf Amin Apresiasi Progres Pembangunan Smelter Freeport Gresik

“Tentu nantinya akan berdampak pada keamanan di Gresik. Selain keamanan yang terjaga, kami juga berharap dengan berdirinya berbagai perusahaan di Kawasan Ekonomi Khusus ini dapat menekan angka pengangguran di Kabupaten Gresik,” tambahnya memungkasi. (faiz)

Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler