Tinjau Lokasi Gempa Bawean, Bupati Gresik Berikan Trauma Healing ke Para Pengungsi

GresikSatu | Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani meninjau lokasi pengungsian warga terdampak gempa di Pulau Bawean.

Bupati bersama rombongan menyapa para warga dan memberikan trauma healing di Dusun Tanjunganyar, Desa Lebak, Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean. 

Disana, setidaknya ada sekitar 200 kk warga mayoritas pesisir yang mengungsi ke tenda di dataran tinggi dari pemukiman.

Para warga masih trauma dan khawatir tentang adanya gempa susulan. Pasalnya sejak adanya gempa, warga lebih memilih untuk tidur di tenda daripada berada di rumah mereka.

“Kami memberikan sosialisasi terkait mitigasi bencana dan trauma healing kepada warga. Ini menjadi penting karena mengembalikan rasa percaya kepada masyarakat bahwa Bawean baik-baik saja,” ucap Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Sabtu malam (23/3/2024). 

Baca juga:  Bupati Gresik Hadiri Sosialisasi Peningkatan Budaya Baca dan Literasi

Gus Yani sapaan akrabnya, terus akan melakukan koordinasi bersama pihak terkait, dengan kesiapsiagaan kedaruratan bencana yang terjadi di Pulau Bawean.

Termasuk nantinya akan memberikan bantuan berupa makanan siap saji untuk digunakan berbuka dan sahur. 

“Nanti kami akan koordinasi dengan Kades, memberikan bantuan dapur umum kepada warga yang mengungsi,” tutur Gus Yani sapaan akarap Bupati Gresik.

Dalam peninjauan tersebut, Gus Yani belum bisa memastikan, berapa jumlah rumah, fasum, lembaga pendidikan, sarana prasarana yang terdampak gempa.

“Gempanya masih ada, tetapi tidak seberapa kuat. Tidak seperti kemarin Jum’at (22/3/2024). Kalau nanti masih trauma kita akan segera koordinasi dengan pihak Kades Puskesmas dan Rumah Sakit untuk menindaklanjuti memberikan trauma healing kepada warga,”paparnya. 

Baca juga:  Pansus I DPRD Gresik Kaji Ulang Mekanisme Perizinan dan Pemanfaatan Tanah Negara

Selain menuju pengungsian warga, Bupati juga meninjau Heliped lokasi tempat kedatangan PJ Gubernur dan Kepala BNPB beserta rombongan. Rencananya, akan tiba di Pulau Bawean, Minggu (24/3/2024) hari ini, dengan menggunakan helikoper. 

Diketahui sebelumnya, Bupati juga menggelar rapat koordinasi dengan pihak terkait. Termasuk BMKG untuk melakukan mitigasi dan sosialisasi trauma healing kepada warga Pulau Bawean serta meninjau Posko bantuan sementara, yang dipusatkan di Kantor Kecamatan Sangkapura.

Reporter:
Mifathul Faiz
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler