Wartawan Gresik Satu Raih Penghargaan Sebagai Tokoh Kemajuan Dalam Kebudayaannya 

GresikSatu | Wartawan GresikSatu.com, Miftahul Faiz meraih penghargaan apresiasi tali asih sebagai salah satu tokoh, yang berperan aktif dalam kemajuan kebudayaan di Kabupaten Gresik.

Penghargaan apresiasi itu, diberikan dari Bupati Gresik ke beberapa budayawan di Kabupaten Gresik. Secara simbolis penghargaan diterima saat perhelatan puncak malam Kontes Bandeng Kawak, di Wisata Heritage Bandar Grissee, Senin malam (8/4/2024).

Miftahul Faiz mengucapkan terima kasih kepada Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Pemkab Gresik dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disparekrafbudpora) Gresik. Atas pemberian apresiasi penghargaan yang diberikan.

“Terima kasih kepada Bupati Gresik atas penghargaannya. Semoga dengan penghargaan ini, bisa menjadi cambuk semangat dedikasi dalam kemajuan budaya di Kabupaten Gresik. Khususnya di Pulau Bawean,” ucapnya usai menerima penghargaan.

Baca juga:  Puluhan Tahun Tak Pulang, Warga Malaysia - Bawean Melepas Rindu di Kampung Halaman

Wartawan berusia 27 tahun itu, mengaku masih banyak pekerjaan rumah tentang jejak dunia sejarah dan kebudayaan di Kabupaten Gresik. Khususnya di Pulau Bawean untuk dieksplorasi dan dikenalkan secara luas.

“Karena Gresik tidak akan lengkap tanpa ada Pulau Bawean. Tentu disana banyak sejarah dan kebudayaan yang sudah dilestarikan. Salah satunya Tari Mandailing. Tari yang diadopsi dari suku melayu yang sudah banyak ditampilkan dalam event acara pemerintah Kabupaten Gresik,” beber jurnalis Gresik Satu tersebut.

Untuk itu, pria kelahiran Desa Sukaoneng, Kecamatan Tambak, Pulau Bawean itu, rencananya akan melakukan riset perjalanan tiga perempuan di Pulau Bawean. Yang mempunyai riwayat jalur keturunan Wali Songo tepatnya Sunan Ampel.

Baca juga:  Momen Ketika Gus Yani Menyapa Warga Pulau Gili

“Dari cerita masyarakat, ada perjalanan tokoh perempuan yang menyiarkan agama Islam di Pulau Bawean. Hingga Pulau Bawean dijuluki Pulau Putri,” tutur pemuda yang juga sebagai Humas Dewan Kebudayaan Gresik (DKG) itu.

Di tempat yang sama, Ketua DKG Gresik Irfan Akbar Prawiro menyampaikan rasa terima kasih kepada budayawan dan pemerintah Kabupaten Gresik, yang selalu bersinergi dalam dedikasi dan upaya untuk kemajuan budaya di Kota Pudak.

“Kami berterima kasih kepada para budayawan di Kabupaten Gresik, beserta pemerintah Kabupaten Gresik, yang sudah memberikan apresiasi penghargaan di ajang acara yang sangat penting ini. Dalam acara Pasar Bandeng, dan kontes bandeng kawak,” tambahnya.

Diketahui, ada 50 seniman atau budayawan yang menerima tali asih apresiasi penghargaan seniman atau budayawan.

Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler