Selasa, Februari 7, 2023

Wisata Baru Beluron Bengawan Solo di Gresik Utara, Cocok Jadi Pilihan Liburan Keluarga

GresikSatu |  Desa Baron Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik kini punya wisata baru. Namanya Beluron Bengawan Solo (BBS). Wisata ini cocok dikunjungi dengan keluarga, selain karena mengambil konsep bahari juga ada patung Dinosaurus setinggi tujuh meter.

Menariknya, patung raksasa Dinosaurus itu terbuat dari limbah ban yang dirangkai mirip seperti binatang raksasa yang pernah hidup di masa lampau.

Kepala Desa Baron sekaligus pengelola, Nurul Yatim mengatakan, adanya wisata yang dibangun ini diharapkan bisa mendongkrak pendapatan asli desa (PADes) serta ekonomi masyarakat sekitar. Setidaknya, wisata ini menampung 78 pelaku UMKM yang ada di desa.

“Penamaan wisata beluron sesuai historis karena di desanya dulu sering terjadi banjir lalu anak-anak suka beluron atau berenang di Bengawan Solo,” katanya, Sabtu, (4/12/2021).

Di wisatanya ini, dijelaskan Yatim, terdapat fasilitas yakni kolam renang untuk dewasa dan anak-anak. Selain itu, ada kolam terapi ikan.

Kemudian, sejumlah gazebo berdiri bisa menjadi tempat bersantai di tiap pojokan. Rerumputan hijau yang terawat baik menjadi pemandangan indah.

“Dua spot inilah yang kerap dijadikan lokasi berfoto. Filosofinya, tentang lingkungan saya berpikir ikon bentuk patung banyak, kita buat dari bahan bekas kurangi limbah lingkungan. Semua dari ban bekas,” ucapnya.

Untuk memasuki wisata ini, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 15 ribu. Itu pun sudah dapat snack hasil produksi usaha warga. (sah)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini