5 Keistimewaan Kota Gresik yang Tak Lekang oleh Zaman

Gresik Satu | Populernya Kota Gresik tidak lepas dari ragam keistimewaan yang dimilikinya. Bagi masyarakat yang bertandang ke kota Gresik, mereka akan dibuat terkesima dengan tradisi unik yang ada.

Anda bisa menjelajahi kekayaan alam kota primadona satu ini, mulai dari geografis hingga akar sejarahnya. Berikut keistimewaan Gresik yang tak lekang oleh zaman : 

Gresiksatu.com
Ribuan santri melaksanakan sholawat di Ponpes Mamba’us Sholihin. (Foto : FB Al-Fikrah/Gresiksatu.com)
1. Kota Santri

Gresik dikenal dengan sebutan kota santri, hal ini dikarenakan jumlah santri mencapai jutaan orang. Santri khas Gresik terkenal dengan sikap tawadhu’dan lanyah ngaji kitab kuning.

Mereka tidak hanya berasal dari kota Gresik, bahkan dari kancah negara. Dengan atribut peci dan sarung tidak hanya menjadikan mereka berprestasi dalam bidang agama saja. Mulai jalur liga santri, wirausaha, bahkan hukum politik.

Baca juga:  5 Julukan Kota Gresik yang Wajib Diketahui, Apa Saja?
Gresiksatu.com
Pabrik Petrokimia Gresik. (Foto : Humas Petro for Gresiksatu.com)
2. Kota Industri

Kawasan Gresik dipenuhi dengan perusahaan asing dan jejeran pabrik.  Mayoritas ekonomi di Gresik bertumpu pada Industrialisasi. Banyaknya perusahaan berdampak signifikan dengan polusi oksigen masyarakat sekitar. Ketergantungan ekonomi dan dampak negatif keduanya saling bersinggungan. 

Diantara industri besar yang ada di Gresik : PT Maspion, PT Petrokimia, PT Semen, PT Jiipe, dll

Gresiksatu.com
Kondisi Makam Pesarehan Sunan Giri. (Foto : Ig @Gresiktoutism/Gresiksatu.com)
3. Kota Wali

Ragam keistimewaan Gresik adalah makam-makam para wali. Ada 2 makam wali yang paling terkenal di Gresik, yakni Sunan Giri dan Sunan Maulana Malik Ibrahim. 

Makam tokoh agamawan tersohor ini terletak kebomas daerah Pedukuhan Giri, dan Bedilan Pesucinan. Meski begitu, masih banyak tokoh wali terkemuka yang belum disebutkan.

Baca juga:  Sejarah dan Asal-usul Terciptanya Tradisi Pasar Bandeng Gresik
Gresiksatu.com
Cafe Gresik Seru dengan latar pemandangan gunung kapur. (Foto : Ig @gresikserucafe/Gresiksatu.com)
4. Seribu Warung Kopi

Populernya kopi khas Gresik menjadikan warung kopi berebut dibangun. Ada banyak variasi dan keunikan masing-masing. Mulai dari sajian rasa, view, suasana, atau sekedar pelayanan yang mengagumkan.

Belum nikmat rasanya sebelum mencicipi kopi khas Gresik, terutama kuliner yang tersedia disana.

Gresiksatu.com
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mendampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berkunjung ke Pasar Bandeng di jalan Samanhudi, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Jumat (29/4/2022)./ (Foto: TBK/Gresiksatu.com)
5. Pasar Bandeng

Daya tarik Gresik ini tidak kalah menarik, disebut Pasar Bandeng. Jatuh pada malam 29 Ramadhan atau malem songolikuran. Bertempat di Pasar Krempyeng 

Pasar Bandeng merupakan tradisi peninggalan Sunan Giri. Dilakukan dengan gelar kontes lelang harga ikan bandeng terbesar. Ajang tahunan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Peringatan Hari Besar Islam (Idul Fitri). (ovi/aam)

Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler