5 Rekomendasi Spot Berburu Takjil di Gresik

GresikSatu | Memasuki bulan suci Ramadan umat Muslim di dunia menghabiskan waktunya menjalani ibadah puasa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Selain itu, pada bulan Ramadan terdapat beberapa tradisi khas yang terjadi hanya pada waktu puasa salah satunya berburu takjil.

Berburu takjil atau makanan untuk berbuka puasa merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh masyarakat terutama yang beragama Islam.

Aktivitas berburu takjil yang dilakukan ketika sore juga dikenal dengan sebutan ngabuburit.  Tradisi ini hanya ada saat momen Ramadan.

Bagi Anda yang sedang malas memasak, berikut rekomendasi tempat berburu takjil pada bulan Ramadan di Gresik :

  1. Trate Takjil Market

    berburu takjil di gresik, bayar mudah bisa lewat qris
    Pembeli di Trate Takjil Market Volume 2 saat transaksi melalui QRIS (Foto : Chofifah/www.gresiksatu.com)

Bulan puasa Ramadhan identik dengan berburu takjil, melalui Trate Takjil Market Volume 2, Anda bisa mendapatkan kuliner yang pas untuk disantap saat berbuka puasa bareng keluarga.

Pasar Takjil Trate ini menyediakan berbagai macam kuliner khas daerah mulai dari bubur masin, tongkol, aneka kue, gorengan,hingga berbagai makanan khas lainnya.

Tersedia sebanyak 70-80 UMKM lokal yang menyediakan kuliner lezat. Salah satunya kuliner khas Trate Gresik yakni Bubur Waduk

  1. Pujasera Manyar

    pacu perputaran ekonomi warga, bupati gresik resmikan pujasera manyar sidomukti
    Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dan Wabup Gresik Aminatun Habibah bersama rombongan saat meninjau peresmian Pujasera Manyar Sidomukti (Foto :Prokopim Pemkab Gresik For Gresiksatu.com)

Pujasera Manyar yang merupakan tempat relokasi untuk menampung para pedagang kaki lima atau PKL yang terdampak Proyek Strategis Nasional (PSN) yakni pelebaran Jalan Raya Manyar terus dikebut.

Ada berbagai jenis kuliner tersedia di pujasera. Ada tahu pong, Warung Nasi Padang hingga berbagai menu yang Cocok untuk takjil saat Ramadan.

Lokasi Pujasera Manyar sendiri berada di area lapangan bola Desa Manyar Sidomukti. Area ini semain ramai, usai diresmikan oleh Bupati Gresik.

  1. Alun-alun Gresik

    Gresiksatu.com
    Suasana Alun-alun Gresik yang akan diberlakukan jalur satu arah. (Foto : Ig @wisatagresik/www.gresiksatu.com)

Alun-alun Gresik berada di Jalan KH Wachid Hasyim, Bedilan, Kecamatan Gresik. Alun-alun dekat dengan Pendopo Agung dan berseberangan dengan Masjid Jami’ Gresik.

Bagi Anda yang ingin berburu takjil bisa datang ke kawasan Alun-alun Gresik.

Ada banyak sekali warga yang jualan takjil mulai dari es buah, es kelapa muda, kolak, bakso, soto, bubur kacang hijau, sate, nasi sambel hingga ketoprak dan aneka gorengan juga tersedia.

  1. Bandar Grisse

    Jaga Warisan Budaya, Disparekrafbudpora Gresik Ajukan Kawasan Bandar Grissee Masuk Cagar Budaya
    Kawasan Bandar Grisse akan menjadi kawasan Cagar Budaya (Foto :Faiz /Gresiksatu.com)

Bandar Grisse merupakan salah satu kawasan yang terkenal di Jalan Basuki Rahmad Gresik, khususnya pada bulan Ramadan. Di kawasan ini, menjadi tempat wisata baru tengah kota. Banyak penjual takjil mulai makanan minuman ada di sana.

Wisata ini memiliki banyak spot foto menarik. Kelap-kelip lampu menambah apik kawasan ini. Apalagi, pedistrian yang luas nan bersih. Kawasan ini juga dikenal Jalan Basra, Malioboro-nya Gresik.

  1. Festival Cokro Ekraf
kenalkan makanan khas pesisir, umkm binaan petrokimia gresik meriahkan cokro ekraf festival 
Jalan Hos Cokroaminoto, Jalan terpendek di Indonesia yang menjadi sentra kuliner dalam acara Cokro Ekraf Festival 2024 (Foto :Faiz /Gresiksatu.com)

Program sentra kuliner Bandar Grissee yang ada di Jalan HOS Cokroaminoto, Kelurahan Bedilan Gresik bisa menjadi referensi tempat berburu takjil yang recomended.

Meski hadir dua minggu sekali, ia mengusung konsep yang lebih pasti yakni sajian makanan khas Gresik. Diantaranya, lontong roomo, nasi Krawu, pudak dan aneka kuliner lokal lainnya.

Baca juga:  Tips Mencari Jajanan Takjil yang Sehat Ala Dinkes Gresik
Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler