5 Tempat Ngabuburit Paling Asik di Gresik

GresikSatu | Salah satu momen yang ditunggu-tunggu saat bulan Ramadan adalah Ngabuburit. Istilah Ngabuburit berarti menunggu waktu berbuka puasa sambil melakukan aktivitas jalan-jalan.

Banyak tempak menarik yang cocok kalian  kunjungi, berikut ini kami rangkum 5 tempat ngabuburit paling asik di Gresik :

  1. Bandar Grisse

Wisata kota tua Bandar Grissee merupakan kawasan heritage city yang penuh makna filosofis. Yakni mengandung toleransi berbagai umat, antara lain : Kampung Peranakan, Kampung Kolonial, Kampung Pecinan, Kampung Pribumi, dan Kampung Arab.

Wisata Heritage tersebut berada di Jalan Basuki Rahmat, Bedilan Gresik. Kawasan ikonik ini mengimitasi Malioboro di Kota Jogja, indah, mempesona bak surga.

Bandar Grisse baru di resmikan akhir tahun lalu oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, namun kehadirannya telah menggairahkan ekosistem digital. Bahkan saat ini dijadikan rujukan untuk orang-orang menunggu momen berbuka puasa.

2. Alun-alun Gresik

Alun-alun Gresik adalan fasilitas umum namun ikonik milik Kabupaten Gresik. Tempat tersebut sudah ada jauh sebagai bagunan kuno bersejarah, air mancur cantik yang dapat dinikmati disekitar area.

Baca juga:  Takut Kena Razia Satpol PP Gresik, Manusia Silver Nekat Ceburkan Diri ke Telaga Ngipik

Wajah Alun-alun Kota Gresik semakin menawan setelah mengalami revitalisasi. Konsep Timur Tengah, ditambah aroma wangi takjil yang menguar. Cocok dijadikan tempat ngabuburit dan berburu jajanan takjil yang lezat.

3. Telaga Ngipik

Salah satu destinasi wisata air di Gresik adalah wisata Telaga Ngipik. Kawasan yang sering menjadi buah bibir masyarakat Gresik tersebut berada di Dusun Jarangkuwung, Ngipik, Kabupaten Gresik.

Telaga Ngipik sebelumnya adalah lahan bekas tambang milik PT Semen Indonesia. Lahan seluas 20 hektar yang berbentuk cekungan besar timbul akibat eksploitasi pengambilan pasir dan bebatuan. Seiring berjalannya waktu, cekungan tersebut kemudian menjadi danau dengan panorama memukau. Ditengah hingar bingar kota industri, wisata tersebut cukup menenangkan pengunjung dengan pesona oase alamnya.

Wisata tersebut menawarkan berbagai sarana prasana demi menunjang daya tarik wisatawan. Diantara fasilitas menarik yang ditawarkan : arena bermain anak, spot foto keren, tempat nongkrong asik, ski air, dan area memancing. Telaga Ngipik cocok dijadikan tempat menunggu berbuka puasa.

Baca juga:  Dishub Gresik Mulai Tata Tempat Parkir di Kawasan Bandar Grisse, Cek Lokasinya

4. Dermaga Bawean

Masyarakat Bawean seringkali melaksanakan ritual ngabuburit dengan menikmati pemandangan sunset dan aroma pantai. Menghanyutkan perasaan bersama perbincangan asyik di sela-sela dahaga.

Selain indah, pantai selalu mengartikan banyak hal. Termasuk kepulangan sanak keluarga dari berbagai Kota.

5. Alun-alun Sangkapura

Alun-alun Sangkapura merupakan central keramaian di Pulau Bawean. Terdapat perkantoran, pusat perbelanjaan, pemukiman, pertanian, peternakan serta sosial ekonomi masyarakat.

Menjelang surup, para pedagang kaki lima akan berderet menjajakan dagangan bagai sentra kuliner. Dari mulai arumanis hingga popcorn tersedia, terutama di bulan Ramadan. Para muda-mudi dari anak hingga dewasa akan memadati alun-alun Kota Sangkapura untuk menunggu adzan maghrib tiba. (ovi/aam)

Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler