Ajarkan Berbagi Sejak Dini, Siswa SDN 16 Gresik Bagikan Seribu Takjil Gratis 

GresikSatu | Memaknai bulan suci Ramadan, dilakukan UPT SD Negeri 16 Dahanrejo Gresik dengan mengajarkan siswa pentingnya arti berbagi kepada sesama.

Salah satunya dengan membagikan seribu paket takjil gratis kepada para ojek online (ojol) dan pengguna jalan di PPS Gresik, Rabu (27/3/2024).

Sebanyak 57 siswa dibantu wali murid, komite sekolah, dan UPT SDN 16 Gresik untuk membagikan takjil. Agar siswa tak terserempet kendaraan yang lewat.

Terlihat para siswa nampak antusias membagikan menu takjil untuk masyarakat sekitar sebagai cara memaknai bulan suci ramadan dengan amal-amal baik.

Ketua komite SDN 16 Gresik, Indah Dwi Cahyaningrum, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk berbagi kebahagiaan dengan sesama di bulan Ramadan.

Baca juga:  Berburu Takjil di Gresik, Bayar Mudah Bisa Lewat QRIS

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap sesama. Kami ingin berbagi kebahagiaan dengan mereka yang sedang menjalankan ibadah puasa,” ungkapnya.

Indah menambahkan, kegiatan yang pertama kali digelar tersebut dilakukan untuk mengajarkan kepada anak-anak sejak dini bagaimana cara memaknai bulan suci ramadan dengan memperbanyak amal, salah satunya yakni berbagi kepada sesama.

“Kegiatan ini bertujuan untuk pendidikan karakter, dimana murid-murid dilatih untuk berbagi dan bersedekah,” jelasnya.

Hal senada diungkapkan ketua pelaksana kegiatan takjil, Vina Indrajaya. Ia menuturkan kegiatan ini sudah disiapkan sejak beberapa waktu lalu. Takjil yang dibagikan berupa kue, minuman, dan buah kurma.

“Donasi untuk takjil ini berasal dari siswa kelas 1 hingga kelas 6 yang dihimpun oleh perwakilan kelas,” kata Vina.

Baca juga:  Resep Kella Celok Khas Bawean Gresik, Rekomendasi Menu Berbuka Puasa

Sementara itu Kepala UPT SDN 16 Gresik, Naniek Mariawatie menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memupuk kerjasama antara siswa, guru, dan komite dalam meraih kebaikan di bulan suci ramadan.

Ia berharap kegiatan positif ini dapat berlanjut di tahun-tahun berikutnya.

“Kegiatan berbagi takjil ini merupakan salah satu bentuk kegiatan sosial yang baru diadakan oleh UPT SDN 16 Gresik di bulan Ramadan. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan empati dan karakter baik,” terangnya.

Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler