Anggota DPRD Gresik Kecam Petugas Kesehatan Tolak Pasien Hamil

GresikSatu | Penolakan pasien hamil di Puskesmas Tambak Bawean, mendapat kecaman dari Anggota DPRD Gresik Musa. Penolakan pasien itu menyakiti hati dan bertentangan dengan Nawakarasa Bupati Gresik.

Politikus dari Partai Nasdem itu, meminta agar petugas yang bersangkutan diminta klarifikasi. Apalagi penolakan pasien dikarenakan yang bersangkutan berkunjung di luar jam pelayanan atau jam dinas.

“Mestinya petugas bisa langsung membawa ke UGD atau rawat inap. Jangan sampai ditolak,” katanya, Jum’at (14/10/2022).

Anggota DPRD dapil Bawean itu meminta, ada ketagasan dari pemerintah. Hal ini dimaksudkan tidak ada semena-mena sampai menolak pasien. “Kesehatan itu kebutuhan warga. Apalagi di Bawean. Jangan ada lagi keluhan pelayanan,” tegasnya.

Baca juga:  Tips Jitu Menghadapi Bulan Puasa Bagi Penderita Maag, Ala Dinkes Gresik

Seperti yang diberitakan, seorang pasien di Desa Sukaoneng, Kecamatan Tambak, Bawean, Gresik harus menelan pil pahit, ketika periksa di Puskesmas setempat. Pasalnya ia menerima penolakan saat hendak periksa kehamilan. Alasannya, pasien tersebut karena periksa di luar jam dinas.

Pengalaman tidak mengenakan itu dialami HSN beserta suaminya saat hendak periksa kehamilan di Puskesmas Tambak. Pasien itu datang di puskesmas pada Kamis (14/10/2022), pukul 12.00 Wib, dengan keadaan badan lemas. Setiba di puskesmas ia mendatangi UGD.

Namun petugas UGD meminta dirinya ke ruang rawat jalan untuk memeriksa kondisi kehamilannya. Namun di sana, ibu muda ini malah mendapatkan penolakan. Petugas puskesmas keberatan melakukan pemeriksaan karena yang bersangkutan datang di luar jam dinas. Padahal jam masih menunjukan pukul 12.00 Wib.

Baca juga:  176 Warga Gresik Terjangkit Demam Berdarah Sepanjang Tahun 2023

Merasa di tolak, HSN lalu pergi dari Puskesmas Tambak dengan menahan rasa sakit dan badan lemas. Ia kemudian memeriksaan kondisinya di salah satu dokter umum.

“Karena tidak mendapatkan pelayanan, akhirnya kami bersama istri pulang, dan konsultasi ke salah satu dokter umum di Bawean,” ucap Suami HSN Abrari. (faiz/aam)

Reporter:
Tim Gresik Satu
Editor:
Tim Gresik Satu
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler