Besok Puasa, Hilal Terlihat di Condrodipo Gresik

GresikSatu | Pemantauan rukyatul Hilal terlihat di Bukit Condrodipo Gresik, Rabu (22/3/2023). Kemunculan Hilal itu dilihat oleh lima orang dengan mata telanjang. Terlihatnya hilal, menentukan, Kamis (23/3/2023) sebagai awal ramadan.

Lima orang yang melihat hilal itu, antara lain, Ustadz Sholahuddin Kamil, Ustadz Inwanuddin, Syamsul Fuad, KH Asyar dan Zainal Abdid. Dengan kesaksiannya, mereka kemudian diambil sumpah oleh hakim dari Pengadilan Agama Gresik.

Berdasarkan hasil hisab dan laporan rukyatul hilal menyatakan bulan nampak di pukul 17.41 – 17.49 serta ditetapkan sebagai awal bulan Ramadan 1444 H tahun 2023 M.

Ketua Lembaga Falahiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Gresik Muchyiddin Hasan mengatakan hilal terlihat melalui alat dan mata telanjang, dengan ketinggian di 6 derajat, melebihi batasan minimal ketinggian yakni : 3 derajat.

Baca juga:  Hilal Tak Terlihat di Gresik, 1 Syawal 1444 H Diprediksi Jatuh Hari Sabtu

“Hilal terlihat di posisi miring ke arah kanan, terdapat 5 orang saksi yang menyatakan melihat hilal melalui alat dan mata telanjang,” terangnya.

“Masih menunggu hasil sidang isbat yg diumumkan oleh Kemenag Center pukul 19.00 nanti,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengungkapkan untuk menentukan penanggalan bulan tersebut mengacu pada rukyatul hilal. Ini menjadi momen penting, semua yang datang diharapkan ikut serta dengan khidmat.

“Kita hari ini melihat proses rukyatul hilal dengan penuh hikmat, saya juga membawa anak-anak dari Bumi Sholawat untuk mendapat edukasi langsung di LFNU Gresik,” ungkapnya. (ovi/aam)

Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler