Bikin Ngiler! Lezatnya Jajanan Petulo Khas Gresik, Sudah Ada Sejak Era Belanda

GresikSatu | Makanan khas Gresik tempo doeloe yang sudah ada sejak era Belanda adalah Petulo. Kue tradisional dengan cita rasa legit dan manis satu ini sangat memanjakan lidah penikmat kuliner.

Si manis tersebut biasanya berbentuk mie keriting bulat atau rol rambut berwarna pelangi, disajikan rapi bersama kuah santan dengan aroma pandan.

Bahan baku Petulo sendiri terbuat dari tepung beras dan tapioka. Dikukus hingga adonan menjadi lebih padat serta mengental.

Evi (50) Pedagang bakul petulo di Festival Kampung Londo Bedilan Gresik menuturkan hidangan lawas tersebut sudah ada jauh sebelum dirinya lahir, eksistensinya perlahan meredup padahal rasanya tak kalah nikmat.

“Ini jajanan djadoel mbak, sudah ada sejak dulu era penjajah, Gresik terkenal sentra kuliner, dan Bedilan juga eksis dengan sejarah perkampungan bekas rumah londo,” ungkapnya pada tim GresikSatu.com, Rabu (8/2/2023).

Baca juga:  OPD Gresik Rayakan Momentum Hari Ibu dengan Adu Keterampilan Memasak

Meski sangat sulit ditemukan, kue favorit tersebut memang enak serta wangi. Tampilan pastel yang cantik dengan tekstur empuk membuatnya banyak diburu masyarakat.

“Rasanya mantap, biasanya disajikan dengan kue serabi. Kuahnya juga tidak selalu berwarna putih, kadangkala diganti kuah kincah (santan dengan tambahan gula merah). Kudapan berkuah yang paling cocok dinikmati saat musim penghujan ya petulo,” pungkasnya. (ovi/aam)

Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler