Bulan Panutan PBB-P2 2023, Kecamatan Tambak Raih Penghargaan Lunas Pajak 100 % 

GresikSatu | Kecamatan Tambak Pulau Bawean berhasil meraih penghargaan lunas pajak 100%, dalam acara Bulan Panutan Pajak Bumi dan Pembangunan (PBB) Perdesaan dan Perkotaan (P2), Kamis (14/12/2023). Kecamatan yang terdiri dari 13 Desa itu, sukses membayar PBB.

Atas capaian tersebut, para Kepala Desa beserta Camat mendapatkan apresiasi dan hadiah dari Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD).

Camat Tambak M Nur Syamsi mengatakan, capaian prestasi di bulan PBB ini tidak lepas dari peran para Kepala Desa, beserta para peran masyarakat lapisan bawah mulai para Kasun, serta masyarakat 13 Desa di Kecamatan Tambak.

“Kami selalu sosialisasi pada acara formal maupun non formal, tentang kesadaran bayar PBB kepada Kepala Desa. Diteruskan kepada para Kasun serta RT dan RW di 13 Desa Kecamatan Tambak,” ungkapnya, Senin (18/12/2023).

Baca juga:  Tak Dukung Petahana, Partai Golkar Rekom Dokter Alif Maju Calon Bupati Gresik 

Selain itu, pihaknya juga terus melakukan upaya pemahaman kepada masyarakat tentang kewajiban bayar pajak. Yang nantinya hasil dari bayar pajak itu, akan dikembalikan kepada masyarakat. Baik itu, pembangunan infrastruktur Desa, layanan kesehatan dan pendidikan.

“Kami lakukan monitoring dari masing-masing setiap Desa. Dengan melibatkan penagih pajak di Kecamatan dan Desa,”jelasnya.

Diakui Camat yang merupakan putera daerah ini, tentu ada kendala dalam melakukan penagihan pajak di Bawean. Mengingat banyak pemilik tanah di Bawean pemiliknya tidak berada di Bawean alias merantau. Atau juga orang luar Bawean.

“Tapi kita tetap sosialisasi dan berkirim surat ke Desa untuk tetap ditarik wajib bayar pajak. Bahkan, kami juga melakukan langkah tekanan (pressure Red) kepada masyarakat, jika kurang tertib bayar akan dilakukan tindak lanjut oleh Desa,” paparnya.

Baca juga:  Peringatan HUT Pemerintah Kabupaten Gresik Dan Hari Jadi Kota Gresik, Bupati: Berkolaborasi Untuk Gresik Bangkit

“Sedangkan bagi warga yang tertib dan taat bayar pajak. Maka, sebagai penyemangat akan dipermudah dalam urusan di Pemerintah Desa (Pemdes). Baik itu untuk infrastruktur maupun layanan,” ujarnya.

Syamsi menambahkan, sejak menjabat Camat, Kecamatan Tambak sudah dua kali meraih apresiasi pajak 100%. Kedepan pihaknya akan lebih mempercepat pelunasan PBB.

“Kami lakukan percepatan PBB. Kalau di tahun ini kami lunas akhir bulan November. Tahun depan awal November,” harapnya.

Diketahui, dari 18 Kecamatan di Kabupaten Gresik. Ada dua Kecamatan yang lunas PBB  100 %. Kecamatan Tambak dan Balongpanggang. (faiz/aam)

Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler