Dinkes Gresik Anggarkan Rp 5,9 Miliar untuk Pembangunan Laboratorium

GresikSatu | Melihat kondisi Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) yang sudah tidak layak, Dinas Kesehatan Pemkab Gresik berencana membangun Gedung Labkesda di tahun ini.

Gedung tersebut menyedot anggaran yang tidak main-main. Dinkes akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 5,9 miliar untuk pembangunan Labkesda.

Anggaran tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang digunakan untuk
mendirikan bangunan kokoh dengan dua lantai.

“Gedung tersebut memang harus segera dibangun. Sudah saatnya, karena bangunannya sudah tidak layak,” ungkap Kepala Dinkes Gresik, Mukhibatul Khusnah, Kamis (8/2/2024).

Sebelumnya, Pemkab Gresik telah memiliki gedung Labkesda di Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo. Namun bangunan tersebut dianggap sudah tidak layak pakai.

“Ya karena sudah saatnya dibangun Labkesda ini. Nanti di pertengahan tahun kemungkinan dimulai pembangunannya,” tuturnya.

Baca juga:  Penderita HIV Meningkat, Dewan Gresik Minta Pemerintah Kolaborasi dengan Ulama

Gedung tempat penyimpanan alat kesehatan dan laboratorium daerah tersebut sering didapati kebanjiran, karena lokasinya yang lebih rendah dari jalan raya.

Rencana pembangunan gedung Labkesda ini sudah muncul sejak beberapa tahun lalu. Namun belum terealisasi hingga saat ini.

“Nanti dibuat bangunannya layak dan bersih. Agar penyimpanan alat kesehatan juga baik,” jelasnya.

Sementara itu, Di tahun 2024 Dinkes hanya memiliki program pembangunan gedung Labkesda saja.

“Tahun ini targetnya Labkesda dan melanjutkan pembangunan RS Gresik Sehati. Semoga akhir tahun sudah beroperasi penuh,” pungkasnya.

Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler