Doa Ziarah Kubur, Sususan Arti Dan Maknanya

GresikSatu | Ziarah kubur menjadi kegiatan yang kerap kali umat islam lakukan ketika menjalang bulan ramadan. Selain membersihkan area makam sebagai bentuk penghormatan kepada yang telah meninggal, ziarah kubur juga menjadi momen yang tepat untuk membaca Doa Ziarah Kubur.

Doa ini memiliki makna yang dalam, dimana kita memohon perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT untuk kita sendiri dan juga orang-orang yang telah berpulang ke hadirat-Nya. Doa Ziarah Kubur sebenarnya adalah wujud dari rasa syukur kita sebagai manusia atas nikmat hidup yang Allah berikan.

Dalam doa ini, kita tidak hanya memohon keselamatan dan keberkahan, tetapi juga mengingatkan diri sendiri tentang kematian dan akhirat. Ketika kita membaca kalimat “Assalamu’alaikum Ya Ahlal Qubur”, kita sebenarnya memberikan salam sejahtera kepada para penghuni kubur dan mendoakan agar mereka mendapatkan ketenangan di alam keabadian.

Membaca Doa Ziarah Kubur juga dapat membantu meningkatkan kedekatan kita dengan Allah SWT. Kita selalu mengingat-Nya dalam setiap kegiatan kita dan memohon perlindungan serta keberkahan-Nya. Dengan begitu, kita merasa lebih dekat dengan-Nya dan semakin memperkokoh keimanan kita.

Doa Ziarah kubur yang dianjurkan untuk dibaca, antara lain:

Doa Ziarah Kubur:

Doa ini adalah doa yang biasa dibaca ketika berziarah kubur.
Berikut ini adalah doa Ziarah Kubur beserta artinya:
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُسْلِمِيْنَ، وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لاَحِقُوْنَ، نَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

Baca juga:  Kuliner Unik Sego Kuning Kapal di Acara Tradisi Padusan Tlogopojok Gresik 

Artinya:

“Semoga keselamatan dilimpahkan kepada kalian wahai penghuni kubur dari kalangan orang-orang yang beriman dan muslim. Insya Allah kami akan menyusul kalian. Kami memohon keselamatan bagi kami dan kalian.”

Dzikir:

Dzikir merupakan bacaan kalimat-kalimat yang mengingat Allah SWT dan memperbanyak pujian serta pengakuan atas kebesaran-Nya. Dalam berziarah kubur, kita dapat membaca dzikir seperti :

  • “La ilaha illallah” (tidak ada Tuhan selain Allah),
  • “Subhanallah” (Maha Suci Allah), dan
  • “Alhamdulillah” (segala puji bagi Allah).

Bacaan Al-Qur’an:

Kita juga dapat membaca Al-Qur’an ketika berziarah kubur. Bacaan Al-Qur’an dapat menjadi doa dan pahala bagi orang yang telah meninggal, serta memberikan ketenangan pikiran bagi kita yang masih hidup. Bacaan yang dianjurkan antara lain:

  • Surah Al-Fatihah,
  • Surah Ya-Sin, dan
  • Surah Al-Ikhlas.

Berdoa untuk Orang yang Telah Meninggal:

Selain Doa Ziarah Kubur, kita juga dapat membaca doa khusus untuk orang yang telah meninggal, seperti bacaan doa;

“Allahumma ghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’afu ‘anhu”

Artinya: Ya Allah, ampunilah dosa-dosanya, kasihanilah dia, berilah keselamatan kepadanya dan maafkanlah kesalahannya.

Doa untuk Diri Sendiri dan Keluarga:

Kita juga dapat membaca doa untuk diri sendiri dan keluarga ketika berziarah kubur. Doa tersebut dapat berisi permohonan keselamatan, keberkahan, dan perlindungan dari segala macam bencana dan kesulitan.

Baca juga:  Sego Kuning Kapal Jadi Kuliner Wajib Saat Tradisi Padusan di Gresik

Memberikan Sedekah:

Selain membaca doa dan dzikir, memberikan sedekah juga merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam ketika berziarah kubur.

Kita dapat memberikan sedekah seperti bersedekah kepada orang miskin, menyumbangkan makanan atau air, atau memberikan donasi kepada yayasan amal. Dalam berziarah kubur, yang terpenting adalah niat dan ikhlas dalam melakukan amalan. Semoga kita senantiasa diberikan kesempatan untuk berziarah kubur dan menjadi lebih dekat dengan Allah SWT.

Doa ini merupakan doa yang dibaca ketika ziarah kubur, yang berisi ucapan salam dan doa untuk orang-orang yang telah meninggal. Dalam doa ini, kita mengucapkan salam dan mendoakan orang yang telah meninggal agar diberikan keselamatan oleh Allah SWT. Kita juga memohon keselamatan bagi diri kita sendiri dan orang-orang yang kita cintai.

Doa ini juga mengingatkan kita akan kematian dan akhirat, sehingga kita dapat menjadi lebih bersyukur atas nikmat hidup yang Allah SWT berikan dan lebih mempersiapkan diri untuk menghadapi akhirat. Oleh karena itu, membaca Doa Ziarah Kubur juga dapat memberikan ketenangan pikiran dan meningkatkan keimanan kita sebagai umat Muslim.

Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler