Selasa, Januari 31, 2023

DPMPTSP Jatim Gencarkan Roadshow Pelayanan Perizinan Gratis di Gresik

GresikSatu | Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan DPMPTSP Gresik menggelar roadshow pelayanan perizinan gratis di Balai Desa Pongangan, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Selasa (29/11/22).

Kegiatan tersebut diadakan selama 2 hari mulai tanggal 29-30 November 2022. Layanan jemput bola digelar dalam rangka menjalankan program Nawa Bhakti Satya oleh Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur.

Sasarannya adalah pelaku usaha setempat, utamanya yang berkaitan dengan makanan. Pelayanan perizinan yang diberikan meliputi semua perizinan, dan yang banyak diminati adalah Nomor Induk Berusaha (NIB), Surat Izin Pengambilan Air Tanah (SIPA), Izin Genset, Sertifikasi Halal, dan layanan konsutasi. 

Semua pelayanan perizinan DPMPTSP ini diberikan secara gratis. Persyaratannya amat mudah, pemohon hanya diwajibkan membawa KTP, KK, alamat email, dan nomer WA aktif.

Plt Kepala DPMPTSP Kabupaten Gresik, Reza Pahlevi mengatakan roadshow pelayanan perizinan merupakan kegiatan yang didamba karena memudahkan akses kepengurusan perizinan dalam wewenang  provinsi. Serta dapat berkonsultasi secara langsung terkait apa yang diinginkan pelaku usaha.

“Pelaksanaan ini sangat kami dukung, bahkan kami tunggu kehadirannya. Karena memudahkan pelaku usaha. Komitmen kami dalam penyelenggaraan perizinan program DPMPTSP Jawa Timur ini dengan mudah, cepat, dan mendapatkan izin sesuai permintaan para pelaku usaha,” katanya. 

Kepala Seksi Pelayanan Perizinan Sektor Perekonomian DPMPTSP Provinsi Jawa Timur, R. Agung Parmadi menerangkan Pelayanan Perizinan jemput bola di Kecamatan ditahun dilaksanakan di 2 kecamatan, pertama di Tanggulangin Sidoarjo dan yang kedua di Manyar Gresik. Kemudian legalitas bisa mudah didapatkan hanya dengan hitungan menit setelah melalui verifikasi data sesuai persyaratan pelayanan.

“Minggu kemarin di Tanggulangin kita dapat memfasilitasi 338 pengajuan pelayanan perizinan gratis, harapannya di Gresik dapat menjaring lebih banyak,” terangnya.

Disamping pelayanan langsung, DPMPTSP Provinsi Jawa Timur sudah melaunching aplikasi digital Jatim Online Single SUBMITION (JOSS) dalam memberikan kemudahan pelayanan. 

Kepala Bidang Perizinan DPMPTSP Provinsi Jawa Timur, Isnugroho sulistiono menjelaskan antusiasme masyarakat Kecamatan Manyar yang sangat luar biasa, program inovasi yang menyasar lebih dalam pada pelaku usaha ditingkat Kecamatan ini memudahkan banyak pelaku umkm. 

“Harapannya lebih bisa merangkul masyarakat terutama di unit terkecil. Dan para stakeholders dapat terus berkolaborasi memajukan umkm yang bertujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan investasi di Kabupaten Gresik,” ungkapnya. (ovi/aam)