Dua Turis Asal Polandia Kecele, Tak Jadi Wisata ke Bawean Gresik Gara-gara Salah Info Jadwal Kapal

GresikSatu | Pasangan turis asal Polandia, Mateuz Zbizek (26) dan Marta Wasilewska (22), harus balik kucing menunda keberangkatan ke Pulau Bawean.

Dua turis asing itu kecele lantaran Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Gili Iyang yang akan dinaiki, sudah lepas tali alias berangkat dari Pelabuhan Gresik ke Pulau Bawean. 

Usut punya usut, informasi keliru jadwal kapal itu didapatkan kedua turis tersebut setelah melihat website resmi Pemkab Gresik https://gresikkab.go.id/info-kota/jadwal-kapal-ke-bawean.

Disana tertera jadwal KMP Gili Iyang masih pukul 21.00 WIB. Padahal update jadwal mulai tahun 2023 kemarin, jadwal kapal Gili Iyang pada hari Jum’at dari Gresik pukul 19.00 WIB. 

Dengan demikian, saat kapal berangkat, keduanya baru sampai di Pelabuhan Gresik. Keduanya  datang  terlambat satu jam setelah keberangkatan KMP Gili Iyang pukul 19.00 WIB.

Akhirnya, kedua sejoli yang merupakan pertukaran mahasiswa dengan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, pun balik pulang ke tempat penginapannya di Surabaya.

Motheus mengatakan, dia dan pasangannya rencananya akan berwisata ke Pulau Bawean, Gresik. Di sana sejoli itu penasaran dengan alam bahari Pulau Bawean.

Baca juga:  Info Jadwal Terbaru Pesawat Susi Air Bawean Gresik Agustus 2023

“Saya mendapatkan informasi jadwal keberangkatan kapal dari website itu. Tapi, setelah sampai di sini, Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Gili Iyang sudah berangkat,” ucapnya, Jum’at malam (23/02/2024). 

Ia mengaku dari kejadian ini sangat mengecewakan. Lantaran sudah mempersiapkan diri ke Pulau Bawean jauh-jauh hari.

Bahkan, keduanya sudah merencanakan mengunjungi beberapa tempat wisata. Seperti penangkaran rusa, wisata Gili Noko, pantai ria, dan wisata alam  lainnya. Termasuk air terjun laccar. 

“Ceritanya mengecewakan, kita baca di internet website Pemkab Gresik. Kalau kapal berangkat pukul 21.00 WIB, tapi sesampainya disini (Pelabuhan Gresik Red), kita baru tau kalau kapalnya sudah berangkat pukul 19.00 WIB,” keluhnya. 

Rencananya dua turis tersebut akan ke Bawean selama dua hari dengan mendirikan tenda di pinggir pantai. Ia juga akan melakukan kegiatan laut yang menyenangkan. Mulai dari bersnorkeling, dan menjelajahi bukit di Pulau Bawean.

Baca juga:  Nelayan di Bawean Gresik, Tewas Tersengat Aliran Listrik Saat Bekerja di Keramba Ikan

“Ini pertama kalinya ke Gresik, dan ingin sekali ke Pulau Bawean. Kami ingin melihat alam, beristirahat dari kemacetan. Selain itu, kami mau menjelajahi beberapa spesies hewan dan tumbuhan, karena kami akan  mempelajari biologi. Khususnya satwa endemik Rusa Bawean,” paparnya. 

Sementara itu, petugas lapangan Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik, Zulfikar mengatakan  keduanya memang mendapat informasi dari website tersebut. 

“Mereka tadi tahunya memang dari website Pemkab Gresik. Memang belum ada pembaruan jadwal di website Pemkab,” tandasnya. 

Berikut adalah jadwal kapal tujuan Pulau Bawean:

Kapal Cepat Express Bahari

Dari Pelabuhan Gresik:

  • Minggu, Selasa, Kamis Pemberangkatan: Pukul 09.00 WIB

Dari Pelabuhan Bawean:

  • Sabtu, Senin, Rabu Pemberangkatan: Pukul 09.00 WIB

KMP Gili Iyang

Pelabuhan Paciran – Bawean:

  • Pemberangkatan Senin Pukul 09.00 WIB
  • Rabu pukul 09.00 WIB

Pelabuhan Bawean – Paciran:

  • Selasa Pukul 21.00 WIB
  • Kamis 21.00 WIB
  • Sabtu 21.00 WIB (Bawean – Paciran)

Pelabuhan Gresik – Bawean 

  • Jumat 19.00 WIB (Gresik – Bawean)
Reporter:
Mifathul Faiz
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler