Heboh! Fenomena Semburan Air Panas Bercampur Lumpur, Muncul Usai Gempa di Pulau Bawean Gresik

GresikSatu | Warga Pulau Bawean, Gresik, digegerkan dengan munculnya fenomena alam yang tak lazim pasca-gempa.

Lubang-lubang misterius di beberapa titik tiba-tiba memuntahkan air panas dari dalam perut bumi.

Lokasi fenomena itu terjadi di halaman sekolah swasta dan negeri di Dusun Tambak Barat, Desa Tambak, Kecamatan Tambak, Pulau Bawean.

Peristiwa tersebut terjadi setelah gempa laut Tuban yang melanda wilayah tersebut pada Jumat (22/3/2024) sekitar pukul 16.00 WIB.

Menurut Badrus, seorang warga setempat, setidaknya terdapat delapan titik lubang yang mengeluarkan semburan lumpur berwarna abu-abu.

Dalam waktu kurang lebih 30 menit, semburan lumpur tersebut berubah menjadi air tawar.

“Namun, keanehan ini tak berhenti begitu saja. Air yang semula panas, berubah menjadi hangat dan dingin,” ungkap Badrus.

Baca juga:  Pemdes Sukaoneng Berikan Bantuan Ratusan Paket Sembako ke Warga Terdampak Gempa Bawean

Kejadian ini juga berdampak pada area sekitar sekolah, yang tergenang air bercampur lumpur hingga mencapai ketinggian sekitar 5 cm.

Meski semburan air telah berhenti sejak pagi, namun genangan dan sisa lumpur masih terlihat jelas di sekitar area sekolah.

“Sekitar waktu sahur pukul 02.00 WIB, semburan air akhirnya berhenti. Namun, hingga pagi tadi, genangan air masih terlihat meski mulai surut. Yang tersisa hanya sisa lumpur berwarna abu-abu,” tambahnya.

Peristiwa ini menimbulkan tanda tanya besar di kalangan warga setempat, yang tak bisa menyembunyikan keheranannya atas fenomena alam yang tak terduga pasca-gempa tersebut.

Kejadian ini juga menimbulkan kekhawatiran terkait dampak dan implikasi lebih lanjut yang mungkin terjadi di masa depan.

Baca juga:  Misi Kemanusiaan, Express Bahari Distribusi Bantuan Korban Terdampak Gempa Bawean Gresik  
Reporter:
Mifathul Faiz
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler