Inilah 10 Top Destinasi Wisata Gresik yang Masuk Pesona Jawa Timur

GresikSatu | Baru-baru ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan sefruit informasi tempat healing yang recomended untuk didatangi bersama keluarga. Jelajah pesona Jawa Timur tidak ada duanya untuk mengembalikan pikiran dan jiwa agar segar serta penuh semangat.

Mengeksplore wisata seru dan gak bikin garing, menawarkan segudang pengalaman menyenangkan. Berikut 10 Top Destinasi Wisata Gresik yang Masuk Pesona Jawa Timur, diantaranya :

1. Pantai Kerong

Pulau Bawean makin rupawan dengan pesona pantainya yang memikat. Potensi wisata pantai seperti, Pantai Kerrong di Desa Sidogedungbatu, Kecamatan Sangkapura terlihat indah bersama batu cadas.

Wisata pantai tersebut memiliki luas total 45 hektare. Dikelilingi dengan banyak pulau kecil nan indah, saat sore hari, masyarakat bisa menikmati pancaran eksotis matahari terbenam dengan deburan ombak.

2. Taman Rusa Bawean

Rusa Bawean (Axis kuhlii) merupakan satwa harapan, ciri spesifik dan sekaligus branded Pulau Bawean. Wisata Penangkaran Rusa Bawean berada di Beto Gebang Pudakit Barat Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik. Memiliki luas kurang lebih 4 hektar dengan jumlah rusa 300 ekor.

Pesona keindahan hewan endemik tersebut memancar, pasalnya rusa Bawean masuk dalam kategori satwa langka, dibuatkan penangkaran untuk menjaga ekosistemnya agar tidak punah.

3. Gili Noko

Pantai Gili Noko adalah salah satu pantai terindah di Bawean. Mulai dari pasir putih yang lembut, air laut yang jernih, dan pepohonan yang rindang, indahnya matahari terbenam di ufuk barat terlihat begitu menakjubkan. Anda juga dapat melakukan melakukan aktifitas berenang, snorkeling, atau berlayar dengan perahu tradisional Bawean.

Untuk akses kesana, biasanya pengunjung harus menyewa perahu seharga Rp 350 ribu, atau bisa juga membayar Rp 10 ribu per orang. Dengan menumpang perahu nelayan yang menyeberang ke Gili Timur.

4. Pantai Selayar

Pantai Selayar menawarkan pengalaman budaya lokal yang unik. Di desa ini, Anda dapat melihat kehidupan masyarakat Bawean yang masih sangat kental dengan adat dan tradisi.

Baca juga:  Menikmati Keindahan Sunset di Balai Keling: Destinasi Wisata Nelayan Tersembunyi di Daerah Kroman Gresik

Untuk menikmati keindahan Pantai Selayar, pengunjung harus melalui jalan sempit dan berkelok. Namun, ketika sampai langsung terasa kepuasan setelah melihat hamparan air laut membiru, semilir angin, pasir putih, serta bukit yang indah.

Wisata yang berada di Desa Sungairujing, Kecamatan Sangkapura, ini menyediakan fasilitas wahana bermain air dengan perahu kano. Juga beberapa spot foto instagramble. Disini pengunjung hanya membayar biaya masuk Rp 5 ribu untuk dewasa dan Rp 2 ribu untuk anak-anak.

5. Kastoba

Danau yang berada di atas salah satu gunung di Bawean juga menjadi pilihan wisata saat lebaran. Danau Kastoba ini berada di Desa Peromaan, Kecamatan Tambak Pulau Bawean. Danau ini juga populer dengan sebutan Ranu Kumbolo-nya Pulau Bawean.

Bagi pengunjung yang hendak berkunjung cukup membayar uang parkir saja. Karena masuk ke wisata biasanya tidak dipungut biaya. Sedangkan untuk sampai kesana para pengunjung harus menapaki gunung dan beberapa tangga di kaki gunung desa tersebut.

6. Tanjung Ga’ang

Wisata Tanjung Ga’ang Gresik berada di desa Kumalasa, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik. Daya tarik utama yang terkenal dari Tanjung Ga’ang adalah bukit karangnya yang indah.

Bukit tersebut konon mengandung batu marmer. Pengunjung disuguhkan panorama pantai dikelilingi bukit, deretan tebing, goa, batu karang, dan pemandangan bawah air laut. Sedang dari atas, Anda bisa melihat  ikan-ikan menari di dalam kejernihan air laut.

6. Bukit Surowiti

Surowiti berasal dari nama seorang santri Sunan Kalijaga yang bernama Suro Astono, kata tersebut lambat laun berubah menjadi “Surowiti”. Tempat tersebut terletak di Desa Surowiti, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik.

Surowiti terkenal dengan kisah peti emas, konon saat Raden Bagus Mataram ke Surowiti membawa tujuh peti emas. Empat peti dipakai untuk mendirikan Kerajaan Demak, sisanya terkubur di Bukit Surowiti.

Baca juga:  Wisata Alam Gosari Gresik Pilihan Healing Bersama Keluarga

Akibat hal tersebut, terbentuknya opini bahwa Bukit Surowiti merupakan tempat pesugihan.

7. Pantai Delegan

Pemandangan laut utara Jawa bisa anda nikmati di salah satu pantai yang berada di Desa Delegan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik.

Spot alam bisa anda lihat dari gazebo yang disediakan untuk bersantai. Atau bermain menggunakan banana boat hingga perahu bebek. Menikmati matahari tenggelam berwarna cantik keemasan.

8. Mengare

Wisata edukatif keluarga bernama Exotic Mengare berada di Pulau Mengare, Kabupaten Gresik. Hamparan pasir putih dengan hutan hijau yang lebat, anda dapat menikmati keindahan alam berupa pantai, hutan mangrove, dan jejak sejarah.

Akses menuju wisata tersebut hanya bisa ditempul melalui kapal. Kemudian anda akan disambut dengan papan kayu bertuliskan spot Exotic Mengare. Paduan warna hijau dengan semburat cat putih yang eksotis.

9. Wisata Alam Gosari

Obyek Wisata Alam Gosari atau yang sering dipanggil Wagos adalah tempat yang menawarkan banyak spot foto keren, mulai dari rumah ala eropa berwarna pelangi, dipenuhi taman bunga, wahana seru, dan pemandangan mempesona.

Wisata tersebut berada di Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Suasana sejuk mendamaikan jiwa dari kecamuk pikiran.

Tenang saja bagi pengunjung, Wagos ramah di kantong dan terjangkau bagi semua kalangan. HTM cukup dengan Rp. 10.000/orang anda bisa puas mengambil spot foto keren.

10. Bukit Jamur

Pada awalnya Bukit Jamur bukanlah tempat wisata melainkan daerah pertambangan, terbentuknya bebatuan berbentuk jamur terjadi secara alami. Menjadi ciri khas unik yang tidak ada di tempat lain.

Wisata Bukit yang berlokasi di daerah Bungah, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik ini mengalami fenomena alam yang biasa disebut Mushroom Rock, pengikisan material hingga membentuk jamur dapat mencapai tinggi 7 meter. (ovi/aam)

Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler