Minggu, Januari 29, 2023

Inilah 5 Wisata Air Paling Mempesona di Gresik yang Wajib Dikunjungi

GresikSatu | Gresik memiliki segudang surga wisata tersembunyi, mulai dari bukit, wisata heritage hingga religi. Bahkan keindahan alam di wilayah perairan Gresik tak perlu dipertanyakan lagi. Ini lah objek wisata air paling indah, hingga wisatawan dibuat takluk oleh pesonanya.

Berikut 5 wisata air paling mempesona yang hanya bisa anda temukan di Gresik :

1. Telaga Ngipik

Gresiksatu.com
Telaga ngipik (Foto : ig @Razaq Abdullah)

Salah satu destinasi wisata air di dalam kota Gresik adalah wisata Telaga Ngipik. Kawasan yang sering menjadi buah bibir masyarakat Gresik tersebut berada di Dusun Jarangkuwung, Ngipik, Kabupaten Gresik.

Telaga Ngipik sebelumnya adalah lahan bekas tambang milik PT Semen Indonesia. Lahan seluas 20 hektar yang berbentuk cekungan besar timbul akibat eksploitasi pengambilan pasir dan bebatuan. Seiring berjalannya waktu, cekungan tersebut kemudian menjadi danau dengan panorama memukau.

Ditengah hingar bingar kota industri, wisata tersebut cukup menenangkan pengunjung dengan pesona oase alamnya. Wisata tersebut menawarkan berbagai sarana prasana demi menunjang daya tarik wisatawan. Diantara fasilitas menarik yang ditawarkan : arena bermain anak, spot foto keren, tempat nongkrong asik, ski air, dan area memancing.

2. Air Terjun Laccar Gresik

Gresiksatu.com
Pesona air terjun Laccar di Pulau Bawean (ig @fdyaaahh)

Air Terjun Laccar Gresik berada di Desa Teluk Dalam, Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean Gresik. Pemandangan tebing hijau yang mengagumkan diiringi kemericik air membawa hanyut perasaan wisatawan.

Baca juga:  Peningkatan Kualitas Wisata Bawean, Butuh Keberlanjutan Menjaga Lingkungan dan Kebersihan 

Air terjun tersembunyi ini memiliki ketinggian aliran air hingga 20 meter. Tempatnya masih asri dan benar-benar natural. Anda dapat melakukan swafoto dengan objek pemandangan alam yang memukau. Meski medan perjalanan yang ditempuh terbilang cukup sulit.

Keindahan wajah Pulau Bawean melalui air terjun laccar, selalu berhasil memikat hati wisatawan. Bukan hanya destinasi tersebut, ada banyak pantai dan Sumber Daya Alam yang dimiliki Pulau Bawean.

3. Exotic Mengare

Gresiksatu.com
Wisata keluarga yang layak dikunjungi di pulau mengare (ig @zimamhilmy)

Wisata edukatif keluarga bernama Exotic Mengare berada di Pulau Mengare, Kabupaten Gresik. Hamparan pasir putih dengan hutan hijau yang lebat, Anda dapat menikmati keindahan alam berupa pantai, hutan mangrove, dan jejak sejarah.

Akses menuju wisata tersebut hanya bisa ditempul melalui kapal. Kemudian Anda akan disambut dengan papan kayu bertuliskan spot Exotic Mengare. Paduan warna hijau dengan semburat cat putih yang eksotis.

Pulau mengare adalah pulau sunyi, cocok bagi pengunjung yang ingin menenangkan diri. Ombaknya landai dan tidak berpenghuni.

Cagar budaya bersejarah juga dapat ditemukan di kawasan ini, bangunan bersejarah Benteng Lodewijk yang berdiri pada tahun 1808. Pernah dijadikan sebagai benteng pertahanan tentara Belanda, meski naasnya hanya menyisakan puing-puing reruntuhan.

Baca juga:  Bikin Nagih: Berikut 4 Destinasi Wisata Alam Gresik Memanjakan Mata

4. Pantai Delegan

Gresiksatu.com
Panorama senja di Pantai Delegan Gresik (ig @babusgooglelens)

Pemandangan laut utara Jawa bisa  dinikmati di salah satu pantai yang berada di Desa Delegan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik. Wisata ini juga terkenal dengan nama Pantai Delegan

Spot alam bisa dilihat dari gazebo yang disediakan untuk bersantai. Atau bermain menggunakan banana boat hingga perahu bebek. Menikmati matahari tenggelam berwarna cantik keemasan.

5. Danau Kastoba

Gresiksatu.com
Keindahan wajah Pulau Bawean melalui Danau Kastoba (ig @miftakhul_14)

Danau Kastoba merupakan salah satu icon wisata favorit di Gresik. Terletak di Dusun Candi, Desa Paromaan, Kecamatan Tambak, Pulau Bawean, Gresik. 

Suasana di danau ini masih murni. Berada diketinggian 400 M diatas permukaan air laut. Memiliki luas 725 hektar dan Berada di puncak bukit dengan ratusan anak tangga serta semak belukar. Terdapat pula pohon raksasa yang umurnya telah mencapai ratusan tahun.

Dibalik keindahannya, terdapat cerita mistis yang terkandung. Hampir mirip dengan legenda Danau Toba. Konon katanya, mandi di Danau Kastoba akan berkhasiat awet muda. Tapi, juga dapat membahayakan diri. Objek wisata cagar alam satu ini juga tidak boleh dikunjungi oleh wisatawan dalam jumlah besar. (ovi/aam)