Jarang Dijelaskan Oleh Sales Elektronik, Ini Perbedaan Sebenarnya Antara Android TV dan Smart TV

GresikSatu | Sering terjadi kebingungan antara istilah “Android TV” dan “Smart TV.” Banyak orang salah paham tentang perbedaan di antara keduanya.

Untuk itu, kami akan membahas dengan detail mengenai perbedaan sebenarnya antara Android TV dan Smart TV.

Android TV

Android TV adalah platform televisi pintar yang dikembangkan oleh Google, berbeda dengan Smart TV konvensional yang menggunakan sistem operasi (OS) yang dikembangkan sendiri oleh produsen televisi.

OS pada Android TV didasarkan pada sistem operasi Android yang sama digunakan pada perangkat mobile.

Hal ini memberikan Android TV akses ke Google Play Store, di mana pengguna dapat menginstal aplikasi dan game seperti pada smartphone Android.

Fitur Android TV

  • Google Assistant: Android TV dilengkapi dengan Google Assistant yang terintegrasi, memungkinkan pengguna mengontrol TV mereka menggunakan suara.
  • Akses ke Google Play Store: Pengguna Android TV dapat mengunduh aplikasi dan game favorit langsung dari Google Play Store.
  • Chromecast Built-in: Android TV memiliki fitur Chromecast built-in, memungkinkan pengguna untuk menyiarkan konten dari perangkat seluler mereka ke layar TV.
Baca juga:  3 Fitur Baru Pada Update Google Android Mei 2024 yang Layak Dicoba

Smart TV

Smart TV adalah televisi yang memiliki kemampuan terhubung ke internet dan menyediakan akses ke berbagai aplikasi, layanan streaming, dan konten online.

Sistem operasi Smart TV dapat berbeda-beda tergantung pada produsen, seperti Tizen (Samsung), WebOS (LG), atau Roku (Roku TVs).

Fitur Smart TV

  • Akses ke Aplikasi Streaming: Smart TV menyediakan akses ke aplikasi seperti Netflix, Amazon Prime Video, Hulu, dan lainnya.
  • Navigasi Antarmuka yang Ramah Pengguna: Antarmuka pengguna pada Smart TV didesain untuk kemudahan navigasi menggunakan remote control.
  • Konektivitas Wi-Fi: Smart TV dilengkapi dengan kemampuan Wi-Fi yang memungkinkan pengguna untuk terhubung langsung ke internet.

Perbedaan Utama Android Tv dan Smart TV

Perbedaan utama antara Android TV dan Smart TV terletak pada sistem operasinya, Android TV menggunakan sistem operasi Android yang dikenal luas dan memberikan akses ke Google ecosystem, sementara Smart TV dapat menggunakan sistem operasi yang dikembangkan sendiri oleh produsen.

Baca juga:  Xiaomi TV Stick 4K, Android TV Stick 4K dengan Harga Terjangkau

Mitos dan Fakta seputar Smart TV dan Android TV

Mitos: Semua Smart TV adalah Android TV
Fakta: Tidak semua Smart TV adalah Android TV. Banyak produsen TV menggunakan sistem operasi yang berbeda seperti Tizen atau WebOS.

Mitos: Android TV hanya bisa digunakan dengan ponsel Android
Fakta: Android TV dapat digunakan dengan perangkat apa pun yang mendukung aplikasi Google, termasuk iOS.

Mitos: Android TV lebih mahal daripada Smart TV lainnya
Fakta: Harga Android TV dapat bervariasi tergantung pada merek dan spesifikasi, sama seperti Smart TV lainnya.

Mitos: Smart TV tidak bisa mengakses Google Play Store
Fakta: Sebagian besar Smart TV modern memiliki akses ke toko aplikasi yang mirip dengan