Minggu, Januari 29, 2023

Jaring Bibit Porseni, MAN 1 Gresik Gelar Lomba Tingkat MTS dan SMP 

GresikSatu | Sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Gresik menggelar lomba, untuk tingkat SMP dan MTS se Kabupaten Gresik, Lamongan, dan Surabaya. Lomba ini bertujuan untuk menjaring para juara dalam ajang Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Kemenag.

Lomba ini lebih dikenal dengan MAN 1 Gresik Integrated Competition (Magic) 2023. Ada tiga cabang lomba yang dilombakan oleh sekolah yang berada di Jalan Raya Bungah, Gresik. Antara lain, Cabang lomba Sains , lomba ART, dan lomba Sport.

Lomba Sains meliputi, IPA, IPS, Matematika, Bahasa Inggris, dan PAI. lomba ART meliputi, Kaligrafi, Al Banjari, Da’i, MTQ, MHQ, Baca Puisi, Singer, Desain Poster, Pidato Bahasa Inggris (Speech), Pidato Bahasa Arab.

Baca juga:  Gelar Lomba Festival Banjari, Cara PPP Gresik Menggaet Anak Muda

Kemudian Lomba Sport meliputi, Bulu Tangkis, Tenis Meja, Catur, Seni Pencak Silat, Atletik, dan Voli. 

Panitia Pelaksana M Arif Hidayatullah mengatakan, lomba ini dalam rangka menjaring bibit juara dalam ajang Porseni mendatang. Pihaknya selaku pelaksana, tidak mematok harga untuk para pendaftar. Semuanya gratis dan terbuka untuk tingkat SMP dan MTS. 

“Lomba ini setiap tahun digelar. Ini sudah yang kedua kalinya,” ucapnya, Seni  (12/12/2022). 

Nantinya ujar dia para peserta lomba mendapatkan sertifikat, serta bagi para juara akan diberikan hadiah uang tunai jutaan rupiah. 

“Lomba ini bertujuan, menjaring bibit untuk Porseni Kemenag yang dihelat dua tahun sekali. Tentunya nanti juga untuk bersaing dengan MAN yang lainnya di Kabupaten Gresik, Lamongan, dan Surabaya,” papar Ayik begitu sapaan akrabnya. 

Baca juga:  Dua Atlet Pagar Nusa Gresik Sukses Rebut Medali Emas Porseni NU Nasional 2023

Selanjutnya, bagi sekolah yang akan mendaftarkan anak didiknya, bisa mengaksws website : https://man1gresik.sch.id/category/magic-2023/ 

Diketahui, untuk pendaftaran Magic cabang lomba Sains, dimulai tanggal 8 November 2022 – 15 Desember 2022. Pelaksanaannya, dimulai tanggal 20 Desember 2022.

Untuk Magic cabang lomba ART, pendaftaran dimulai tanggal 8 November 2022- 25 Desember 2022. Grand Finalnya tanggal 11 Januari 2023.

Magic cabang lomba Sport, pendaftaran dimulai tanggal 8 November 2022 – 2 Januari 2023. Pelaksanaannya, tanggal 14, 17, 18, Januari 2022. Dengan Tema ‘Merdeka Berkreasi, Merdeka Berkompetisi dan Merdeka Berprestasi’. (faiz/aam)