Joko Kendil Pengelana Viral Tiba di Gresik, Berziarah di Makam Sunan Giri

GresikSatu | Sosok Joko Kendil pengelana yang viral di media sosial, tiba di Kota Santri Gresik. Pria yang punya nama asli M Khusnan itu berziarah ke beberapa makam wali di Gresik. 

Diketahui Joko Kendil mengenakan udeng, berpakaian warna hitam, sorban warna hijau dan tongkat, tiba di makam Sunan Giri Gresik Selasa malam, (01/11/2022).

Masyarakat sekitar langsung menyerbu mendekat, ada yang memberikan makanan, dan berswafoto bersama Joko Kendil. Besoknya, Joko Kendil bermalam di Makam Maulana Malik Ibrahim, Rabu malam (02/11/2022). 

Salah satu juru kunci makam Maulana Malik Ibrahim Gresik Sudasir Al Ayyubi mengatakan, Joko Kendil melakukan tirakat jalan kaki ke beberapa makam wali songo di Jawa. Setelah berziarah dari Sumenep, dan Sunan Ampel, Joko Kendil baru tiba ke kota santri ke Sunan Giri dan Maulana Malik Ibrahim. 

Baca juga:  Tinggalkan Gresik, Joko Kendil Naik Bus Trans Jatim, Macan Putihnya Kemana?

“Perjalanan ziarah wali songo sudah dilakukan. Tadi juga ke makam Sayyid di Jalan Akim Ayat Gresik, lalu ke makam Maulana Malik Ibrahim lagi, terus pergi,” ucapnya, Kamis (03/11/2022).

Diceritakan, selama Joko Kendil bermalam di area makam Sunan Maulana Malik Ibrahim, menurut dia tujuan Joko Kendil mendatangi makam auliyah (wali), untuk menenangkan jiwa dan meresapi kehidupan. Para pengunjung makam pun banyak meminta foto bersama Joko Kendil

“Dari Gresik, Joko Kendil akan pergi ke Jember, lalu ke Lumajang Gunung Semeru dan Parang Kusumo Bantul DIY makam Syekh Maulana Maghribi,” ujarnya. 

Bahkan, lanjut Sudasir pria asal Kabupaten Grobogan, Purwodadi Jawa Tengah itu akan mengakhiri tirakat berjalan sampai tahun 2025 nanti. 

Baca juga:  Asal Usul Tradisi Pasar Bandeng, Budaya Lokal dari Sunan Giri Hingga Mengangkat Ekonomi Gresik

“Sudah terhitung 22 tahun pria berusia 41 menjalani tirakat berjalan ini yang dimulai sejak 2001,” imbuhnya. 

“Tahun 2005 juga pernah datang ke Gresik dan ketemu Joko Kendil. Karena memiliki badan atau gestur yang kurang tinggi , maka dijuluki Joko Kendil oleh masyarakat sekitar,” tambahnya memungkasi. (faiz/aam)

Reporter:
Tim Gresik Satu
Editor:
Tim Gresik Satu
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler