Kalah Saing dengan Bus Trans Jatim Gresik-Lamongan, Bus Ayu Indah Terancam Gulung Tikar

GresikSatu | Bus Trans Jatim Koridor IV jurusan Bunder Gresik – Paciran Lamongan, bakal mengaspal di jalur Pantura. Hal tersebut, tentu menjadi kekhawatiran bus Ayu Indah yang selama ini melayani trayek tersebut.

Bus Ayu Indah sendiri pengganti dari Bus Armada Sakti, yang melayani trayek Paciran Lamongan – Surabaya. Bus tersebut, biasanya transit ke terminal Bunder untuk mengambil penumpang jurusan Sidayu, Ujungpangkah, Panceng, dan Paciran.

Dengan adanya Bus Trans Jatim Koridor IV itu, nasib sopir bus Ayu Indah hanya bisa pasrah. Seperti halnya dialami oleh Husnul Yaqin Sopir Bus Ayu Indah warga asal Paciran, Lamongan.

“Hanya bisa pasrah, karena memang selama ini trayek bus Ayu Indah tidak seramai dulu,” ucapnya di Terminal Bunder Gresik, Selasa (11/6/2024).

Hal itu dibuktikan dengan keberadaan bus Ayu Indah tersebut. Dari 20 bus yang melayani Paciran Lamongan – Bungurasih Surabaya. Kini, hanya tersisa 16 Bus yang masih beroperasi.

Baca juga:  Rumah Unik di Perbatasan Kabupaten, Ruang Tamu Masuk Wilayah Gresik Dapurnya Masuk Lamongan

Turunnya angka penumpang Bus Ayu Indah jurusan Paciran Lamongan – Surabaya membuat para sopir kadang memilih libur. Hal ini pun membuat para sopir hanya bisa pasrah, sebab jika penumpang sepi, dampaknya di penghasilan sopir.

“Padahal kami ditargetkan tiga PP, tapi mau gimana lagi memang sepi. Kalau dulu pulang pukul 20.00 WIB, mulai pukul 05.30 WIB, kalau sekarang pukul 16.30 WIB sudah pulang,” jelasnya.

“Pernah hanya dapat satu penumpang dari Paciran. Bus sudah beda dengan dulu. Sekitar tahun 1997, sampai 2000 bus ramai. Sekarang sudah banyak kendaraan sepeda motor dan kendaraan lainnya,” tuturnya.

Menurut pria berusia 48 tahun itu, dengan adanya bus Trans Jatim sopir bus Ayu Indah akan direkrut menjadi sopir. Bahkan, itu yang diprioritaskan.

“Tapi kenyataannya tidak, perekrutan dibuka untuk umum,” imbuhnya.

Baca juga:  10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Lamongan, Alternatif Wingko Babat

Pria yang sudah 24 tahun menjadi sopir bus itu, juga masih belum menerima info kejelasan tentang kelanjutan trayek bus Ayu Indah. Setelah Bus Trans Jatim beroperasi.

“Kami tetap beroperasi atau tidak, masih belum tau. Kalau memang nanti tergusur Trans Jatim, kalau tetap beroperasi kami tetap memilih trayek Paciran Lamongan – Osowilangun Surabaya,” harapnya.

Diakuinya, dari beberapa sopir Ayu Indah, menolak adanya trayek Trans Jatim Koridor IV tersebut. Namun, hanya pasrah karena proyek Pemerintah.

“Tinggal pasrah, semoga saja nanti bisa jadi sopir Trans Jatim. Tapi, kalau di Trans Jatim tidak bisa leluasa, membawa penumpang. Seperti membawa rombongan,” paparnya.

Diketahui, untuk tarif ke Paciran maupun ke Surabaya Rp 25 ribu, dengan kapasitas 30 penumpang. Dengan maksimal kedatangan dari terminal Bunder pukul 19.00 WIB, sedangkan dari Terminal Paciran pukul 14.30 WIB.

Reporter:
Mifathul Faiz
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler