Kenali Makanan Khas Bawean Gresik “Kella Celok” Citra Rasa Masyarakat Pesisir

GresikSatu | Sebagai masyarakat yang dikelilingi lautan, tentu punya makanan khas yang menjadi andalan warga Pulau Bawean Gresik dari hasil laut.

Salah satunya makanan khas “Kella Celok”. Makanan khas Bawean ini, dari jenis ikan laut yang diolah menjadi kello kuning. Namun, ada rasa tersendiri dalam makanan ini. 

Salah satu warga Bawean Iftahiyal M mengatakan, untuk membuat makanan khas ini bisa disiapkan rempah-rempah. Seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, asam, serai, laos dan kunyit. 

“Semuanya dihaluskan menjadi bumbu, dan dimasukkan kedalam air yang sebelumnya direbus. Nanti, dimasukkan ikannya,” ucapnya, Sabtu (24/2/2024). 

Masakan ini, biasanya dibuat untuk hidangan para tamu atau keluarga Bawean yang balik kampung usai merantau ke luar negeri. 

Baca juga:  Tradisi Rasol Bawean, Ritual Memandikan Sapi di Laut Setelah Panan

“Ikan jenis apa saja bisa dibuat hidangan Kelola Celok. Namun yang paling enak ikan kerapu, merah-merah, dan ikan lainnya. Termasuk tongkol juga lezat,” paparnya. 

Makanan khas Bawean ini, tambah dia kurang lengkap kalau tidak disertai sambal Bawean. Sambal merah maupun sampal rempah atau istilah Bawean Buje Cabbih. 

“Masakan ini sangat rekomendasi bagi wisatawan maupun pelancong yang ke Bawean. Jadi kalau ke Bawean belum lengkap kalau tidak mencicipi masakan ini,” tambahnya.

Reporter:
Mifathul Faiz
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler