Minggu, Januari 29, 2023

KPA Gresik Gandeng Organisasi Perempuan Gelar Koordinasi Penanggulangan HIV-AIDS

GresikSatu | Dalam rangka penanggulangan dan pencegahan penyebaran HIV/AIDS, Komisi Penangulangan AIDS (KPA) Kabupaten Gresik menggelar pertemuan koordinasi dengan organisasi perempuan Se Kabupaten Gresik di ruang rapat Argo Lengis Kantor Bupati Gresik, Rabu(30/11/2022).

Kegiatan tersebut mengusung tema “Peranan Organisasi Perempuan Dalam Penanggulangan HIV/AIDS”. Dalam melakukan penanggulangan dan pencegahan HIV/ AIDS dibutuhkan edukasi yang tepat. Penyebaran informasi negatif hanya akan memicu kerawanan konflik sosial tanpa solusi penyelesaian.

Pertemuan koordinasi ini dihadiri Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Ketua KPA Kabupaten Gresik Adi Yumanto, Ketua Dharma Wanita Persatuan Siti Qomariyah, juga seluruh Ketua Organisasi Perempuan se Kabupaten Gresik.

Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah mengatakan permasalahan seputar HIV/AIDS harus disosialisasikan dari tingkat RT/RW sehingga masyarakat cerdas dalam melakukan penanggulangan pencegahan HIV/AIDS.

Baca juga:  Kenali Penularan Gejala HIV, Akibat Hubungan Sesama Lelaki

“HIV/AIDS memang diidentifikasi sebagai penyakit menular, namun penularannya tidak serta merta hanya karna berpapasan langsung. Selama tidak adanya kegiatan berhubungan badan tidak akan berdampak signifikan, “ungkapnya.

Cara preventif pencegahan penularan HIV/AIDS dimulai dengan informasi perilaku berisiko, yakni faktor pemicu seperti seks bebas, seks tak aman atau penggunaan alat suntik bersama. Sehingga terbangun keterampilan diri dalam melakukan negosiasi praktek aman.

“Memberikan edukasi yang tepat kepada anak muda sebagai penerus bangsa menjadi pr kita bersama. Kegiatan ini tidak hanya sampai disini, kita lakukan penanganan berkelanjutan. Hingga penyelesaian pengobatan,” tambahnya. (ovi/aam)